Minggu, 24 Oktober 21

6000 Pemuda Jember Sudah Ikuti Diklat Bela Negara

6000 Pemuda Jember Sudah Ikuti Diklat Bela Negara

Jember, Obsessionnews – Sekitar 6000 pemuda di Jember, Jawa Timur, sudah mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) kader bela negara yang ditangani Kodim 0824 Jember. Hal ini dimulai pada tahun 2014 sekitar 300 pemuda, tahun 2015 sekitar 2000 pemuda dan pada tahun 2016 ini hingga saat sekarang ini sudah 5 angkatan dan masing-masing angkatan kita diklat 300 pemuda sehingga untuk tahun 2016 hingga saat ini sudah 1500 pemuda.

Diklat Bela Negara ini berawal dari pertimbangan Pemerintah Kabupaten Jember melalui Bakesbangpol terkait dengan tergradasinya moral generasi muda terhadap rasa-rasa kebangsaan, rasa cinta tanah air dan bela negara dikalangan generasi muda sehingga banyak yang terlibat narkoba, terlibat minuman keras bahkan banyak yang mulai terpengaruh oleh faham-faham radikal, inilah yang mendasari kita berperan menyelamatkan generasi muda.

diklat Bela Negara - 2

“Terkait dengan sasaran pembinaan bela negara sebenarnya tahun 2014 kita sudah membina organisasi-organisasi pemuda dan ormas namun pada tahun 2015 yang lalu kita konsen pada pelajar utamanya pelajar SMA dan SMK,” kata Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember, Drs Widi Prasetyo MSi, Jumat (18/3/2016).

Menurutnya, dengan adanya Diklat Bela Negara kepada siswa-siswa ini berpengaruh positif di lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran. Dengan dampak positif tersebut maka banyak sekolah yang mengajukan kepada Kesbangpol, bahkan anggaran Bakesbangpol yang sangat terbatas pun mampu eksis menjalankan program ini karena sebagian anggaran dibantu dari sekolah yang bersangkutan.

diklat Bela Negara - 3

Pada Jumat (18/3), pukul 15.00 Wib bertempat di lapangan perkemahan Satya Cadika Jember dilaksanakan Upacara Pembukaan Diklat Kader Bela Negara. Hadir Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas SIP, Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember, Perwakilan dari Polres Jember, Diknas Pemkab Jember, Muspika Kaliwates dan peserta sekitar 260 siswa/siswi kelas X dari SMK Negeri 5 Jember.

Komandan Kodim 0824 bertindak sebagai Inspektur Upacara yang sekaligus didaulat untuk membuka Diklat Angkatan ke V Tahun 2016 yang akan digelar selama 3 hari dan bermalam di Bumi Perkemahan Satya Cadika Jember.

diklat Bela Negara - 4

Letkol Inf Muhammad Nas menegaskan, hal ini sangat bermanfaat sekali disamping membekali anak-anak dengan kedisiplinan, wawasan kebangsaan yang hal tersebut tentunya diharapkan mampu berdampak pada lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga, jangka panjangnya sebagai bekal dasar mereka dalam bermasyarakat maupun bernegara

“Ada hubungannya utamanya pada program pembinaan perlawanan wilayah, walaupun mereka anak sekolah justru mereka memiliki nilai strategis, mereka akan menjadi bagian dari rakyat terlatih sebagai kekuatan cadangan kita dan merekalah calon-calon generasi bangsa,” tutur Komandan Kodim 0824 Jember. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.