Minggu, 29 Januari 23

57 TKI di Malaysia Asal Jatim Dideportasi

57 TKI di Malaysia Asal Jatim Dideportasi
* Ilustrasi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Surabaya, Obsessionnews – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Timur (Jatim) memulangkan sebanyak 57 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jatim yang bekerja di Malaysia karena dideportasi. Para TKI ini telah datang langsung di halaman kantor Disnakertransduk Jatim dengan menggunakan jalur darat yaitu bus dari Jakarta.

Kepala Disnakertransduk Jatim Sukardo   mengatakan, para TKI itu dideportasi lantaran tidak memiliki izin bekerja alias ilegal selama bekerja di Malaysia.

“Setiap 10 hari ada saja TKI ilegal yang datang di kantor ini. Selanjutnya mereka dipulangkan ke daerahnya masing-masing,” ujarnya di Surabaya Jumat (20/11/2015).

Setelah tiba di Kantor Disnakertransduk Jatim,  para TKI ilegal itu terlebih dahulu beristirahat dan diberi konsumsi, serta dilakukan pendataan oleh petugas. Usai pendataan, TKI dari sejumlah wilayah di Jatim, seperti Madura, Tuban, Lamongan, dan beberapa daerah lain itu kemudian dipulangkan ke kampung halaman masing-masing menggunakan bus Damri.

Sukardo mengatakan, dengan dipulangkannya puluhan TKI ilegal tersebut, hingga bulan November 2015 ini jumlah TKI asal Jatim yang dideportasi dari negara tempatnya bekerja sudah mencapai 5.257 orang.

“Jumlah ini kemungkinan akan bertambah, karena setiap bulan selalu saja ada TKI ilegal asal Jatim yang dideportasi,” terangnya. (rudianto)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.