Jumat, 6 Desember 19

5 Wilayah di Indonesia yang Rawan Diterjang Tsunami

5 Wilayah di Indonesia yang Rawan Diterjang Tsunami
* Dampak tsunami di Selat Sunda. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, Obsessionnews.com – Masyarakat Indonesia dihimbau agar tetap waspada dengan banyaknya bencana yang sewaktu-waktu datang secara tiba-tiba. Dengan memiliki garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia sangat rawan diterjang gempa dan tsunami besar.

Terlebih Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng tektonik yang terus bergerak. Jalur pertemuan lempeng tersebut berada di bawah laut sehingga apabila sampai terjadi gempa bumi besar maka akan berpotensi memicu tsunami. Namun tidak semua wilayah perairan Indonesia itu rawan tsunami.

Berikut ini obsessionnews menyajikan lima wilayah yang paling berpotensi dilanda gempa bumi dan tsunami yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pantai Selatan di Pulau Jawa

Sebagian besar wilayah di sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa, baik Jawa Timur, Tengah, maupun Barat berada di zona Megathrust, zona yang berpotensi besar terjadi gempa. Gempa yang terjadi di wilayah zona Megathrust dianggap menakutkan karena sering memicu tsunami. Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat adalah salah satu wilayah yang paling berpotensi terjadi tsunami.

2. Aceh

Mengingat dahsyatnya tsunami yang melanda Aceh 2004 lalu, sampai sekarang Aceh tetap berpotensi dilanda gempa bumi besar yang dapat memicu gelombang tsunami. Wilayah yang paling rawan disapu bersih oleh tsunami di Aceh adalah Pulau Simeulue, Pantai Barat Aceh dan Lhokseumawe.

3. Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai jadi wilayah di Sumatera Barat yang paling rawan terjadi tsunami. Bagaimana tidak, di wilayah ini sering terjadi rentetan gempa. Terakhir, gempa 5.0 SR mengguncang Kepulauan Mentawai meski tak berpotensi tsunami. Pada bulan Februari 2019 lalu, gempa 6,1 SR juga mengguncang Mentawai.

Ada alasan kenapa Mentawai sering terjadi gempa. Wilayah ini berada di zona Megathrust Segmen Pagai yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Sumatera Hindia sebelah barat Sumatera. Jadi wilayah di Sumatera lebih rentang diguncang gempa.

4. Sulawesi Utara

Wilayah di sisi pantai di Sulawesi Utara seperti Manado, Bitung, Sangihe dan Talaud juga rentan dilanda tsunami. Sebab wilayah Sulawesi Utara juga berada di zona Megathrust dengan kekuatan gempa yang bisa mencapai 8.5 SR. Dengan kekuatan gempa sebesar itu, potensi terjadi tsunami jauh lebih besar. Masyarakat pun dihimbau agar selalu waspada dan hati-hati.

5. Selat Sunda

Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda pernah meletus dahsyat pada 26-27 Agustus 1883. Sekarang wilayah di Selat Sunda lebih rentan terjadi tsunami mengingat gunung Anak Krakatau sering menunjukkan aktivitas vulkanisme.

Jika Anak Krakatau sampai meletus, tak menutup kemungkinan wilayah di pesisir Selat Sunda akan disapu bersih oleh tsunami. Bencana tsunami yang terjadi Desember 2018 lalu menunjukan bahwa potensi bencana paling mematikan itu masih ada yang timbul akibat erupsi gunung Anak Krakatau. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.