Selasa, 24 September 19

5 Negara yang Sukses Memindahkan Ibu Kota

5 Negara yang Sukses Memindahkan Ibu Kota
* Jakarta Ibu Kota Indonesia. (Foto: Medsos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan pemindahan Ibu Kota Negara. Sempat tertunda dan selalu jadi wacana, Jokowi akhirnya mengumumkan pemindahan ibu kota pada awal bulan Agustus lalu.

Pemindahan Ibu Kota Negara memang dapat dilakukan bila dirasa perlu. Sebelum Indonesia, sudah ada beberapa negara yang lebih dulu memindahkan Ibu Kota Negaranya. Bahkan, ada yang sampai empat kali berpindah demi mencari kenyamanan.

Berikut ini adalah daftar lima negara yang sudah sukses melakukan pemindahan ibu kota tersebut:

1. Inggris

Pertama adalah Inggris, pada tahun 1066, negara maju sekelas Inggris pun sudah memindahkan ibu kota negaranya. Awalnya, Ibu Kota Inggris terletak di Winchester namun kini sudah berganti menjadi London. Pemindahan Ibu Kota Inggris ini berjalan lancar karena pada saat itu London sudah punya populasi yang besar dan kini semakin berkembang pesat.

2. Rusia

Negara Rusia sudah dua kali berganti ibu kota. Moscow merupakan Ibu Kota Rusia yang pertama. Namun, pada tahun 1712 pemerintah Rusia memutuskan pemindahan Ibu Kota Rusia ke St. Petersbug atas pertimbangan akses ke Eropa yang lebih dekat. Namun, pada tahun 1918, Moscow kembali ditetapkan menjadi Ibu Kota Rusia. Saat ini Moscow menjadi ibu kota terbesar di dunia.

3. Brazil

Sebelum ber-ibukota-kan Brasilia, Brazil memilih kawasan Rio de Janerio sebagai ibu kotanya. Pemerintah Brazil membuat keputusan ini karena semakin padatnya penduduk di Rio de Janerio. Akhirnya, dibangunlah sebuah kota baru yaitu Brasilia sebagai alternatif ibu kota baru untuk Brazil. Pemindahan ini terjadi pada tahun 1960. Pembuatan ibu kota baru ini kemudian inspirasi bagi banyak negara yang ingin berpindah ibu kota.

4. Australia

Pemindahan ibu kota di Autralia dilakukan dengan cara sayembara. Pemerintah memberi syarat tempat yang mengajukan diri harus memiliki taman kota dengan dana besar di pusat kotanya. Pada saat itu, hanya Canberra yang memenuhi kriteria. Alhasil, pada tahun 1911, Australia resmi berpindah ibu kota dari Melbourne ke Canberra.

5. Nigeria

Sama seperti Negara Brazil, Nigeria memutuskan untuk membangun sendiri ibu kota barunya. Ibu Kota Nigeria yang pertama terletak di Lagos dan pada 12 Desember 1991 resmi berpindah ke Kota Abuja. Di kota ini, pemerintah menempatkan hampir semua instansi pemerintah di bagian selatan kota. Akibatnya, arus urbanisasi melonjak tinggi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.