Jumat, 29 Oktober 21

5 Langkah Merawat Sepatu Kulit

5 Langkah Merawat Sepatu Kulit

Obsessionnews – Hari gini, penampilan pastinya jadi prioritas nomor wahid. Tak hanya lelaki dan perempuan dewasa, remaja dan anak-anak pun saat ini telah memahami style. Dan salah satu faktor yang bisa membuat penampilan seseorang menjadi paripurna adalah sepatu.

Kini, jenis sepatu secara tidak langsung dipahami sebagai cerminan jati diri atau karakter seseorang. Misalnya, jika Anda pria yang menggemari sepatu model formal seperti derby atau oxford, maka Anda bisa dikategorikan sebagai pria dengan tipe fashionable, atau orang yang sangat menjaga penampilan. Dan umumnya, jenis sepatu yang Anda sukai terbuat dari bahan kulit.

Selain tampak menarik jika memakai sepatu formal berbahan kulit, secara tidak langsung, sepatu jenis ini juga menunjukkan kualitas kemapanan seseorang secara luar dalam. Seseorang yang memakai sepatu kulit, biasanya memberikan kesan dari luar sebagai sosok mapan dengan status pekerjaan dan kondisi keuangan yang sudah stabil.

Sepatu - 3Sementara dari sisi dalam, pemakai sepatu formal berbahan kulit terlihat matang dengan cara berpikir dan perilaku yang dewasa. Dan biasanya, kaum hawa lah yang paling pintar memindai penampilan pria semacam ini.

Sayangnya, seringkali para pria enggan bersikap teliti dalam hal kebersihan. Biasanya banyak pria yang melupakan dan menganggap remeh soal kebersihan. Alhasil, sepatu yang kotor dan tidak terawat bisa jadi bumerang untuk diri Anda sendiri.

Sepatu berbahan kulit sendiri memang tergolong gampang-gampang susah untuk dirawat. Karena jika tidak pintar merawatnya, bahan kulit pada sepatu Anda bisa saja retak, bahkan pecah. Belum lagi sengatan panas yang bisa membuat warna sepatu Anda memudar dan tampak tidak menarik.

Nah, di bawah ini adalah 5 cara yang dapat diikuti agar sepatu kulit kesanyangan Anda tetap terawat:

1. Apa jenis kulit sepatu Anda?

Mengetahui jenis kulit sepatu adalah cara pertama melakukan perawatan. Andai kulit itu berkualitas baik, maka akan semakin mudah Anda melakukan perawatan. Kenali juga sifat kulit sepatu Anda, apakah dia elastis atau tidak. Apakah dia kuat menghadapi perubahan cuaca atau tidak. Bahkan kenali juga tingkat kelembabannya.

 2. Atur posisi penataan sepatu

Step berikutnya adalah mengetahai cara, bagaimana Anda menyimpan sepatu tersebut? Jika Anda menaruhnya di atas rak sepatu, biasakan untuk memberi jarak antara sepatu kulit Anda dengan sepatu lainnya. Tujuannya untuk menghindari gesekan yang bisa membuat luka baret pada permukaan kulit sepatu Anda.

3. Hindari udara lembab

Jika Anda meletakkan sepatu tersebut di dalam kotak, pastikan ada silica gelyang yang menemani sepatu untuk menghindari jamur dan lembab pada kulit sepatu. Jamur dan lembab inilah faktor penyebab kulit sepatu jadi lapuk.

Sepatu - 24. Pelajari proses mencuci dan mengeringkan sepatu

Perhatikan juga cara mencuci sepatu kulit. Biasakan untuk menggunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkan sepatu Anda. Sikat khusus untuk sepatu berbahan kulit pastinya memiliki permukaan yang halus dan tidak membuat scratch pada sepatu Anda. Setelah itu, proses pengeringan sepatu juga perlu diperhatikan.

Hindari menjemur sepatu kulit saat matahari sedang terik, karena panas yang berlebihan bisa membuat kulit pada sepatu mudah pecah. Jika Anda hendak menggunakan dryer untuk mengeringkan sepatu Anda, lapisi terlebih dahulu sepatu Anda dengan koran bekas untuk menghindari panas berlebih ke lapisan kulit sepatu.

5. Semir sepatu Anda agar tetap tampak menarik

Langkah terakhir adalah sering-seringlah menyemir sepatu agar warnanya tetap cerah dan tampak seperti baru. Carilah produk semir sepatu yang terpercaya. Jangan lupa beli semir dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sepatu Anda agar tidak merusak warna. Saat proses menyemir, biasakan menyemirnya dalam satu arah agar alur sepatu Anda tidak berubah dan tetap terlihat alami.

Untuk menghindari retak-retak tipis pada lapisan kulit, Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa jenis produk yang memang berguna untuk melapisi kulit dari perubahan cuaca seperti terik matahari dan hujan untuk menjaga penampilan sepatu Anda.

Selamat mencoba!

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.