Selasa, 15 Oktober 19

5 Landmark Terbaik dan Terunik di Dunia

5 Landmark Terbaik dan Terunik di Dunia
* Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja.

Jakarta, Obsessionnews.com – Di setiap negara pasti memiliki sebuah landmark, yakni simbol penanda kota atau ciri khas penanda suatu daerah. Dan biasanya landmark tersebut terbentuk dan ada karena memiliki arti tersendiri. Lalu landmark mana saja yang paling ngetop dan unik di dunia? Berikut 5 landmark terpilih versi Obsessionnews.com:

Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja

Angkor Wat merupakan sebuah kuil atau candi yang dibangun oleh Raja Suryawarman II di Kota Angkor yang terletak 55 km dari arah utara kawasan kota modern Siem Reap, Kamboja. Raja tersebut membangun Angkor War di pertengahan abad ke 12 yang pembangunannya memakan waktu 30 tahun lamanya. Landmark ini adalah persembahan untuk memuliakan Wisnu atau Dewa pemelihara, pelindung alam semesta.

Pembangunan kuil ini sempat terhenti karena kematian sang raja sehingga menyisakan relief rendah yang belum rampung. Namun, pada akhir abad ke-13 kuil ini dialihfungsikan dari candi Hindu menjadi candi Buddha Theravada yang hingga detik ini terus difungsikan. Tempat ini wajib Anda datangi jika berkunjung ke Negeri Kamboja, sebab bangunan ini memiliki menara dengan hiasan yang halus dan indah yang hanya dibuat oleh manusia jenius. Bahkan seorang ilmuwan dan penjelajah asal Prancis, Henri Mouhot,  mengungkapkan,”Candi ini menyaingi kemegahan Bait Salomo yang dibangun oleh Michelangelo, pantas menduduki sebagai tempat terhormatan sebagai salah satu bangunan terindah di dunia.”

Crooked House di Polandia.

Crooked House, Polandia

Landmark di Polandia ini akan membuat Anda seperti berada di mimpi atau seperti melihat gambar rumah dengan editan photoshop. Tapi ini nyata, bahkan bukan ilusi optik. Bangunan ini awalnya disebut dengan bangunan Krzywy Domek, yakni bagian dari pusat perbelanjaan Rezidenr di Sopot. Namun seiring waktu berubah menjadi Crooked Huse, bangunan ini memiliki luas 4.000 meter persegi yang hingga kini karena keunikannya telah mencuri perhatian banyak orang baik turis lokal maupun asing. Di sini juga terdapat sebuah klub malam bernama Wonky Pub. Jika Anda mengunjungi Polandia tidak ada salahnya datangi Crooked House dan berfoto berlatar belakang bangunan tersebut.

Menara Khalifa di Uni Emirat Arab.

Menara Khalifa, Uni Emirat Arab

Ingin tahu menara pencakar langit tertinggi di dunia? Jawabannya adalah menara Khalifa. Landmark satu ini sebelumnya dinamakan Burj Dubai, namun kini menjadi Burj Khalifa. Landmark di Uni Emirat Arab ini memiliki ketinggian 828 (2.717 kaki) yang jika dihitung pada tahun ini (2017) usia menara tersebut baru menginjak tujuh tahun sejak diresmikan pembukannya pada 4 Januari 2010. Dibuat oleh tangan manusia, menara ini memiliki lift dengan kecepatan 60 km/jam atau 16,7 m/s dengan 160 lantai. Menara ini juga telah mengalahkan ketinggian CN Tower, Taipei 101, Menara KVLY-TV dan Menara Radio Warsawa.

Reruntuhan Kapal USS Liberty di Karangasem, Bali.

Reruntuhan Kapal USS Liberty, Indonesia

Reruntuhan kapan USS Liberty ini berada di tanah air Indonesia, tepatnya di Perairan Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Kapal ini telah menjadi tempat wisata yang indah dan menarik bagi para penyelam, baik dari turis lokal maupun turis asing. Sejak tenggelam pada tahun 1942, kapal ini telah ditumbuhi terumbu karang, sehingga menjadi lokasi yang keren dan menjadi spot penyelaman. Bahkan bangkai kapal ini menjadi lokasi pilihan terbaik bagi penyelam profesional dengan kedalaman 15 meter dari permukaan laut. Tertarik untuk menyelam di sini? Pasti menyenangkan!

Haedong Yonggungsa Temple di Busan, Korea Selatan.

Haedong Yonggungsa Temple, Korea Selatan

Anda penggemar film Korea? Tentunya juga menarik untuk Anda kunjungi negeri ginseng ini. Di Korea Selatan, tepatnya di pantai bagian utara-timur Busan, terdapat kuil bernama Haedong  Selatan. Tepatnya di pantai bagian utara-timur Busan terdapat kuil bernama Haedong Yonggungsa Temple. Di kuil ini Anda akan menikmati pemandangan yang amat sangat langka, sebab biasanya kuil di Korea di bangun di pengunungan, namun kuil ini di bangun di pesisir pantai yang dibangun pada tahun 1376 oleh guru besar Buddhis Naong saat Dinasti Goryeo. Hingga kini kuil tersebut menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mengunjungi Korea. Tertarik mengunjunginya? (April)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.