Minggu, 24 Oktober 21

49 Negara Pastikan Hadiri KTT OKI di Jakarta

49 Negara Pastikan Hadiri KTT OKI di Jakarta
* Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Jakarta, Obsessionnews – Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (KTT Luar Biasa OKI) yang membahas Palestina dan Yerusalem, di Jakarta pada 6-7 Maret 2016. Dari 55 negara anggota OKI yang mendapat surat undangan sebanyak 49 menyatakan siap hadir.

“Itu yang sudah siap,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sebuah diskusi publik di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Sebanyak tiga atau empat presiden negara yang memastikan berpartisipasi berasal dari benua Afrika dan Asia. Kemudian sekitar lima perdana menteri yang juga berpartisipasi dalam forum ini. Tak hanya itu, sekitar 14 sampai 16 menlu yang hadir bersama presiden dan mewakili negaranya. Ada juga hadir dengan mengirimkan utusan khusus seperti melalui duta besar.

Retno Marsudi menegaskan KTT ini diadakan bukan bagian dari selebrasi tetapi yang utama adalah sebagai bagian dari keprihatinan bersama atas situasi yang sedang terjadi di Palestina. Karena itu, menurut dia forum ini memiliki dua tujuan. Pertama, ingin mengalihkan perhatian dunia internasional terhadap nasib Palestina. Dan kedua, mempersatuan semangat rakyat Palestina dalam sebuah negara merdeka.

“KTT Luar Biasa ini diselenggarakan karena adanya konsen situasi di Palestina yang kita lihat tidak semakin baik, tapi justru semakin memprihatinkan,” kata Retno

Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (KTT Luar Biasa OKI) ke-5 ini akan menghasilkan dua dokumen soal Palestina dan al-Quds al-Syarif (Kota Suci Yerusalem), yaitu dokumen resolusi dan deklarasi.

Retno menjelaskan dokumen resolusi akan berisi konfirmasi kembali negara-negara OKI dengan fokus Palestina dan Yerusalem, yang menjadi lokasi Masjid al-Aqsa. Sementara dokumen deklarasi akan akan lebih padat dan singkat, berisi langkah konkret ke depan untuk menindaklanjuti hal-hal yang disepakati negara-negara OKI terkait Palestina dan Yerusalem. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.