Sabtu, 16 Oktober 21

Menkeu Yunani yang Baru Malah Lebih Galak

Menkeu Yunani yang Baru Malah Lebih Galak

Jakarta, Obsessionnews – Pasca mundurnya Yanis Varoufakis dari kursi Menteri Keuangan Yunani, Euclid Tsakalotos dilantik menggantikannya pada Senin (6/7).

Seperti dilaporkan Reuters, Tsakalotos yang berusia 55 tahun itu merupakan lulusan St Paul dan Universitas Oxford dikenal berbeda dan terkesan eksentrik.

Meski jarang tampil di publik, Tsakalotos tak lebih lembut dari Yanis. Dia pun, bakal melipatgandakan upaya penghapusan utang Yunani.

Sesaat setelah dilantik, Tsakalotos mengatakan cemas terkait berbagai tugas yang dipikulnya. Sebab kini, Yunani tengah menghadapi situasi paling sulit dalam sejarah.

Selanjutnya, dia pun menyatakan tak sabar bertemu para kreditur Eropa guna menyampaikan penolakan rakyat atas dana talangan dengan syarat lebih ketat.

“Kami ingin melanjutkan diskusi dan menjalankan mandat yang telah diberikan oleh rakyat Yunani untuk mengupayakan masa depan yang lebih baik, untuk semua orang, untuk rakyat yang sudah terlalu lama menderita,” kata Tsakalotos.

Setelah ikut menulis buku bersama Gubernur Bank Sentral Yunani Yanis Stournaras, Tsakalotos kerap dijuluki sebagai tokoh revolusi Eropa sebab mendukung integrasi Uni Eropa dalam menentang prinsip kapitalis di benua biru.

Dia juga sering mencela akibat kurangnya demokrasi di Eropa dan berpendapat kalau penghematan fiskal yang diterapkan di zona euro adalah hal yang memiskinkan Yunani serta sejumlah negara lain.

“Uni Moneter Eropa telah menciptakan perpecahan antara negara besar dan negara yang mengalami krisis. Hubungan antar kedua tipe negara ini sangat hirarkis dan diskriminatif,” tulis Tsakalotos dalam sebuah makalah di situs Aliansi Kebebasan Buruh, sebuah kelompok sosialis Inggris.

Popularitas Tsakalotos mulai muncul ketika dia bergabung dengan serikat buruh guru. Dia juga sempat memimpin demonstrasi reformasi pendidikan di Yunani.

Dia juga mendorong Perdana Menteri Alexis Tsipras agar bersekutu dengan kelompok sayap kiri Eropa lain termasuk Podemos di Spanyol serta Sinn Fein di Irlandia. Pada Maret lalu, Tsakalotos mengunjungi Dublin untuk menunjukan dukungan kepada pemimpin Sinn Fein, Gerry Adams.

Tsakalotos beranggapan, penghapusan Yunani bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Menurut dia, dana talangan Eropa yang dikenal sebagai mekanisme stabilitas Eropa dan ingin mengambil alih obligasi Yunani yang dimiliki European Central Bank tidak bakal meningkatkan hutang negeri para dewa atau mitranya.

“Ada banyak solusi teknis soal apa yang bisa dilakukan. Jika ada niat baik, saya bisa memikirkan 10-15 solusi. Namun, jika tidak ada niat politik yang baik, maka ada saja kelemahan untuk setiap solusinya,” kata Tsakalotos.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.