Senin, 29 November 21

45 Proyek Strategis Mangkrak di Masa Ahok

45 Proyek Strategis Mangkrak di Masa Ahok

Oleh: Muchtar Effendi Harahap, Peneliti Senior Network for South East Asian Studies (NSEAS ), dan Alumnus  Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP UGM,Yogyakarta (1982)

Kalangan pendukung buta Ahok suka mengklaim, bahwa pasangan calon (paslon) gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Ahok-Djarot,  berhasil dan sudah membuktikan “kerja” di DKI. Sementara dua paslon pesaing lain belum bisa membuktikan kerja mereka di DKI.

Sesumbar pendukung buta Ahok ini mengesankan Ahok telah terbukti membangun termasuk infrastruktur di DKI. Masalahnya, betulkah Gubernur Ahok telah bekerja membuktikan berprestasi khususnya pembangunan infrastruktur?

Ternyata klaim pendukung buta Ahok ini hanya sesumbar dan memanipulasi data, fakta dan angka sesungguhnya. Di masa Ahok selama ini, ternyata DKI mengalami 45 proyek strategis mangkrak/terhenti alias gagal tidak tepat waktu. Data, fakta dan angka tentang mangkrak  proyek strategis ini bersumber yang telah NSEAS edit dari: pendapat.id, 15 Desember 2016. Bagi yang ragu, khusus pendukung buta Ahok yang suka mempersoalkan hal prosedur, bukan substansi, bisa lanjut membaca sumber data pada referensi/ catatan kaki di bawah tulisan ini.

Tulisan ini menggunakan sudut pandang sama dalam memandang proyek/program strategis mangkrak atau bermasalah. Hasilnya ternyata proyek/program strategis mangkrak di masa Ahok cukup signifikan jumlahnya. Parahnya, beberapa proyek/program strategis mangkrak ternyata proyek/program yang merupakan lanjutan dari proyek/program Fauzi Bowo atau Foke, saat kampanye Pilkada DKI 2012 dijanjikan Foke akan bisa diselesaikan pada periode 2012-2017 jika ia terpilih kembali.

Inilah 45 proyek/program strategis pemerintahan DKI mangkrak atau bermasalah di masa Ahok:

  1. Proyek Monorail. Proyek monorail mangkrak dan secara resmi dihentikan oleh Ahok. Pada masa Foke, proyek ini juga dihentikan karena investor tidak dapat menambah modal, sedangkan pemda DKI tidak memiliki anggaran untuk memberikan tambahan investasi. Capaian Ahok ini tentunya buruk mengingat anggaran di masa Ahok jauh lebih besar dari Foke. Pada Tahun anggaran 2015 saja Ahok memiliki anggaran senilai Rp 69,28 triliun. Jumlah ini hampir dua kali lipat anggaran Foke pada tahun 2012 senilai Rp 36,02 triliun.
  1. Proyek Electronic Road Pricing (ERP). Proyek ERP mangkrak di mana selama 4 tahun tidak kunjung berjalan. Capaian Ahok ini tentunya buruk mengingat Foke sudah mempersiapkan rencana implementasi dan dapat dijalankan pada 2014 apabila Peraturan Pemerintah terkait pemungutan jalan berbayar dari Kementerian Keuangan diterbitkan. Ternyata persoalan ini tidak dapat diselesaikan juga oleh Jokowi dan Ahok.
  1. Proyek 15 Koridor Busway. Proyek penambahan koridor baru busway agar menjadi 15 koridor merupakan proyek penting mengingat busway mengadopsi konsep Bus Rapid Transit yang memiliki fitur utama adanya jalur khusus yang bebas dari kendaraan pribadi dan menunjang pola transportasi makro. Lebih lanjut hal itu merupakan janji Pilkada 2012. Proyek penambahan koridor busway menjadi 15 koridor tidak terealisasi. Jokowi hanya mampu menambah sebuah koridor baru, yaitu koridor 12, yang merupakan lanjutan pekerjaan Foke,  sedangkan Ahok belum menambah sebuah koridor pun. Capaian ini tentunya lebih buruk dari Foke, yang telah dicap gagal, di mana ia mampu menambah 4 koridor baru.
  1. Proyek Penambahan 1.000 Busway. Proyek ini merupakan janji Pilkada 2012. Proyek penambahan 1.000 busway tidak terealisasi. Selama Ahok menjabat (2014-2015) hanya mampu menambah 72 bus dan mendapat 30 bus sumbangan pengusaha. Lebih lanjut proyek ini bahkan membuat masalah disebabkan adanya kasus korupsi pada pengadaan bus Trans Jakarta. Selain itu, ternyata bus-bus baru diadakan juga ada yang dalam kondisi rusak.
  1. Proyek Sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur. Proyek sodetan kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur mangkrak. Hal ini diakibatkan pembebasan lahan yang gagal dijalankan dengan baik sehingga dikalahkan pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Capaian ini tentunya buruk mengingat pada masa Jokowi maupun Ahok, pemerintah pusat (Presiden SBY dan Jokowi) telah mengalokasikan anggaran untuk menyelesaikan proyek ini. Kondisi ini berbeda pada masa Foke, yang mengusulkan proyek ini di mana pusat melalui Wapres meskipun menyatakan menyetujui tetapi hanya prioritas kesepuluh.
  1. Proyek Kampung Deret: Proyek penataan pemukiman kumuh ini merupakan proyek yang dijanjikan dalam Pilkada 2012. Pada masa Jokowi, proyek ini sempat dijalankan tetapi pada masa Ahok proyek tersebut mangkrak. Kondisi ini tentunya sangat buruk mengingat Foke sukses mengubah 274 RW kumuh dengan proyek MHT plus.
  1. Proyek Kampung Susun: Proyek kampung susun merupakan proyek yang dijanjikan dalam kampanye Pilkada 2012. Proyek ini tidak pernah direalisasikan meskipun ide rancangan telah didiskusikan dan diusulkan. Ahok dianggap ingkar janji.
  1. Proyek Pembangunan Rusunawa: Proyek dengan sumber dana bagi hasil dari pemerintah pusat Rusunawa di DKI dapat dibangun selain dengan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga dengan sumber anggaran dana bagi hasil dari pemerintah pusat atau lainnya. Dalam kaitan ini, proyek pembangunan rusunawa di DKI yang terkait sumber dana bagi hasil dari pemerintah pusat senilai Rp 2 triliun sebanyak 3.000 unit batal yang tersebar di 22 lokasi. Hal ini diindikasikan terkait dengan terlalu lamanya Pemprov DKI menyimpan uang di bank, sehingga akhirnya dana tersebut dikurangi. Di antara 22 proyek rusunawa tersebut mungkin redundant dengan proyek yang disebutkan setelah ini.
  1. Proyek Rusunawa Cengkareng Barat, Jakarta Barat: Proyek pembangunan rusunawa ini mangkrak. Terdapat korupsi pengadaan lahan untuk pembangunan rusun tersebut. Menurut keterangan Sekretaris Daerah (Sekda), Ahok memberikan disposisi pembelian lahan Cengkareng Barat langsung kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta dan Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut akhirnya dicoret.
  1. Proyek Rusunawa Semper Barat. Proyek pembangunan rusunawa ini mangkrak. Warga menyebut bahwa sudah 3-4 bulan tidak ada pekerja yang terlihat. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan proyek ini belum mencapai 50%.
  1. Proyek Rusunawa Jatinegara Kaum. Proyek pembangunan rusunawa Jatinegara Kaum mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan, proyek belum mencapai 50%. Plt Gubernur DKI Sumarsono menyebut kontraktor proyek ini ternyata dimasukkan daftar hitam oleh Bogor. Suatu hal yang tidak mencerminkan tata kelola pengadaan yang baik di mana instansi pemerintah menunjuk kontraktor yang masuk ke dalam daftar hitam, sehingga dapat dimengerti mengapa akhirnya proyek ini mangkrak.
  1. Proyek Rusunawa Pinus Elok: Proyek pembangunan rusunawa Pinus Elok mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan, proyek belum mencapai 50%. Plt Gubernur DKI Sumarsono menyebut kontraktor proyek ini ternyata dimasukkan daftar hitam oleh Bogor. Suatu hal yang tidak mencerminkan tata kelola pengadaan yang baik di mana instansi pemerintah menunjuk kontraktor yang masuk ke dalam daftar hitam, sehingga dapat dimengerti mengapa akhirnya proyek ini mangkrak.
  1. Proyek Rusunawa Cakung Barat. Proyek pembangunan Rusunawa Cakung Barat mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan proyek ini belum mencapai 50% .
  1. Proyek Rusunawa Jalan Bekasi KM 2. Proyek pembangunan Rusunawa Jalan Bekasi KM 2 mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan proyek ini belum mencapai 50%.
  1. Proyek Rusunawa Marunda. Proyek pembangunan Rusunawa Marunda mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok. Saat dihentikan proyek ini belum mencapai 50%.
  1. Proyek rusunawa Rawa Bebek. Proyek pembangunan Rusunawa Rawa Bebek mangkrak. Proyek ini dihentikan oleh Ahok [37, 38]. Saat dihentikan proyek ini baru mencapai 67%.
  1. Proyek Revitalisasi Rusun Penjaringan. Proyek Revitalisasi Rusun Penjaringan mangkrak. Kondisi ini membuat sejumlah barang milik warga yang ditinggalkan dalam rumah dijarah pencuri.
  1. Proyek Rusunawa di lahan sekitar Waduk Pluit dan Muara Baru, Jakarta Utara. Proyek pembangunan rusunawa di lahan sekitar Waduk Pluit dan Muara Baru, Jakarta Utara, mangkrak. Pada APBD-P 2016, proyek tersebut termasuk proyek yang akhirnya dicoret.
  1. Proyek Rusunawa di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Proyek pembangunan rusunawa di Kelurahan Pondok Pinang mangkrak. Pada APBD-P 2016, proyek tersebut termasuk proyek yang akhirnya dicoret.
  1. Proyek Rusunawa di Lahan Eks Kantor Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur. Proyek pembangunan rusunawa di lahan eks kantor Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur mangkrak. Pada APBD-P 2016, proyek tersebut termasuk proyek yang akhirnya dicoret.
  1. Proyek Pembangunan Intermediate Technology Facility (ITF) untuk Pengolahan Sampah. Proyek pembangunan ITF untuk pengolahan sampah mangkrak. Padahal tinggal melanjutkan tender Foke yang tertunda karena transisi pemilihan Gubernur (2012). Capaian tersebut tentunya lebih buruk dari Foke, yang telah dicap gagal, di mana ia mampu menyelesaikan proyek Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang yang mampu mengubah sampah menjadi listrik dan diberikan penghargaan Anugerah Dharma Karya Energi dari Kementerian ESDM dan membangun ITF Cakung Cilincing dengan teknologi mechanical biological treatment, yang mengubah sampah jadi kompos.
  1. Proyek Mal Khusus untuk PKL. Proyek ini merupakan janji Pilkada 2012. Akan tetapi, janji tersebut tidak pernah terealisasi. Tahun 2013 sempat akan dibangun tapi terbentur pembebasan lahan. Dan ini tidak pernah lagi terwujud pada tahun-tahun berikutnya.
  1. Proyek Pemasangan 6.000 CCTV. Proyek ini masih jauh dari target, di mana hingga Juni 2016 belum mencapai 56%. Padahal seharusnya ditargetkan selesai pada Juni 2016.
  1. Proyek Rehabilitasi Sekolah. Tahun 2016 proyek rehabilitasi 45 sekolah mangkrak. Tahun 2013-2015 proyek ini diduga dikorupsi dan saat ini masih dalam proses penyelidikan.
  1. Program Biaya Operasional Pendidikan (BOP) untuk Sekolah Swasta. Program BOP untuk sekolah swasta dihentikan. Penghentian ini membuat nasib sekolah swasta terlunta-lunta dan dikeluhkan. Lebih lanjut penghentian BOP untuk sekolah swasta membuat filosofi sekolah gratis hilang. Prinsip ini sesuai dengan apa yang diucapkan Ahok saat masih menjadi Wakil Gubernur.
  1. Proyek Waduk Marunda. Proyek Waduk Marunda mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Bahkan warga menyebut tidak hanya mangkrak, proyek ini dapat disebut berhenti total. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut termasuk proyek yang pembebasan lahannya akhirnya dicoret.
  1. Proyek Waduk Brigif. Proyek Waduk Brigif mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Warga menyebut sudah sekitar empat bulan tidak ada aktivitas. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut termasuk proyek yang akhirnya dicoret.
  1. Proyek Waduk Jagakarsa. Proyek Waduk Jagakarsa mangkrak. Warga menyebut hampir setahun tidak ada aktivitas sehingga akhirnya ditanami pohon jati. Menurut keterangan kepala dinas terkait, proyek ini terkendala alat berat yang dimiliki. Alasan ini sebetulnya kurang masuk akal mengingat besarnya APBD DKI Jakarta.
  1. Proyek Waduk di Pondok Ranggon. Proyek waduk di Pondok Ranggon mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Ketua RT di Pondok Ranggon menyebut sudah dua tahun tidak ada tanda-tanda kelanjutan pembangunan waduk. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut termasuk proyek yang pembebasan lahannya akhirnya dicoret.
  1. Proyek Waduk di Kampung Rambutan di Jakarta Timur. Proyek waduk di Kampung Rambutan di Jakarta Timur mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Hingga September 2016 proyek tersebut belum mencapai 50%. Lalu berhenti lagi karena terkendala alat berat. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut termasuk proyek yang pembebasan lahannya akhirnya dicoret.
  1. Proyek Waduk Rawa Kendal. Proyek Waduk Rawa Kendal mangkrak Padahal proyek ini sudah ada sejak Jokowi dan sebenarnya ditargetkan selesai pada 2014. Pada 2015 lalu, sempat diberitakan proyek telah mangkrak selama setahun. Pada APBD-P 2016 proyek tersebut termasuk proyek yang akhirnya dicoret.
  1. Proyek Waduk Rorotan. Proyek Waduk Rorotan mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Mangkraknya proyek ini tidak terlepas dari persoalan yang melibatkan pihak pengembang, PT. Mitra Sindo Makmur.
  1. Proyek Waduk Cengkareng. Proyek waduk ini sebenarnya berada di Kalideres, bukan Cengkareng. Proyek ini sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat Jokowi dan diberitakan termasuk waduk yang mangkrak.
  1. Proyek Waduk Giri Kencana Cilangkap. Proyek waduk Cilangkap ini mangkrak. Padahal proyek tersebut sudah ada sejak Gubernur DKI dijabat oleh Jokowi tetapi tidak kunjung beres. Pada September 2015 diberitakan bahwa sudah setahun mangkrak karena persoalan pembebasan lahan. Pada Juli 2016 juga diberitakan bahwa pembangunan masih mangkrak hingga dimanfaatkan warga untuk memancing dan berdiri bangunan liar.
  1. Proyek Waduk Cimanggis. Proyek waduk Cimanggis mangkrak. Mangkraknya proyek ini disebabkan hilangnya central processing unit (CPU) pengendali alat berat.
  1. Proyek Revitalisasi Waduk Rawa Lindung. Proyek revitalisasi ini mangkrak. Padahal proyek ini sudah ada sejak Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta dan belum kunjung beres. Kondisi ini menyebabkan saat hujan membuat Jalan M Saidi Raya selebar enam meter menjadi kali dengan kedalaman hingga 40 cm.
  1. Proyek Pintu Air Waduk Rawa Babon. Proyek pintu air waduk Rawa Babon mangkrak. Diberitakan bahwa warga mengeluhkan proyek pintu air yang telah mangkrak selama tiga bulan dan membuat saat debit air waduk tinggi, air meluber hingga ke Jalan Raya PKP setinggi 30 cm. Parahnya, pada akhir Agustus 2016 terjadi longsor pada lokasi proyek.
  1. Proyek Sea Water Reverse Osmosis (SWRO). Proyek pembangunan SWRO di delapan Pulau Pemukiman Kepulauan Seribu mangkrak. Hal ini karena pihak kontraktor mengaku tidak dapat melanjutkan pekerjaannya karena masalah finansial. Kondisi ini tentu menunjukkan buruknya tata kelola pengadaan. Plt Gubernur DKI berencana akan menganggarkan kembali pada APBD 2017 dan melakukan pemilihan ulang kontraktor.
  1. Stadion Baru Persija (BMW). Proyek stadion baru Persija di Taman BMW (Stadion BMW) merupakan janji Pilkada 2012. Pada masa Gubernur Jokowi, proyek pembangunan Stadion BMW ini diresmikan pada 28 Mei 2014 dan ditargetkan rampung dua tahun kemudian. Selain itu, direncanakan akan digunakan untuk Asian Games. Akan tetapi, proyek ini kemudian terhambat persoalan gugat menggugat lahan. Pada masa Ahok, akhirnya diputuskan stadion tidak dapat digunakan untuk Asian Games dan akhirnya diakui tidak bisa diselesaikan. Dengan kata lain, dihentikan pembangunannya.
  1. Proyek Pembangunan Trotoar Jakarta Selatan. Proyek senilai Rp 13,5 miliar ini merupakan proyek APBD 2015 yang ditargetkan selesai pada Desember 2015. Akan tetapi, hingga Desember 2015, ternyata proyek tersebut baru selesai 30%. Proyek ini bermasalah karena PT IM, selaku pemenang tender, mengalihkan pengerjaan proyek ke pihak lain, yakni pemborong N. Tak sampai di situ, N pun mengalihkan proyek ke pihak K. Alhasil, proyek itu tak kunjung rampung hingga tenggat yang ditetapkan. Pada bulan Juli 2016, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan menetapkan tiga tersangka terkait korupsi proyek ini yang diduga merugikan negara sebesar Rp 3,5 miliar.
  1. Proyek Pembangunan Terowongan Santa di Jakarta Selatan. Proyek senilai Rp 106 miliar ini awalnya direncanakan akan dikerjakan pada 2016 setelah pada 2015 tidak ada pembangunan infrastruktur jalan karena molornya pengesahan APBD DKI 2015. Akan tetapi, pada APBD-P 2016, proyek ini akhirnya termasuk proyek yang dicoret.
  1. Proyek Pembangunan Simpang di Jembatan Tiga, Pluit, Jakarta Utara. Proyek senilai Rp 70 miliar ini awalnya direncanakan akan dikerjakan pada 2016 setelah pada 2015 tidak ada pembangunan infrastruktur jalan karena molornya pengesahan APBD DKI 2015. Akan tetapi, pada APBD-P 2016, proyek ini akhirnya termasuk proyek yang dicoret.
  1. Proyek Pembangunan Simpang Jalan Panjang di Jakarta Barat. Proyek senilai Rp 154 miliar ini awalnya direncanakan akan dikerjakan pada 2016 setelah pada 2015 tidak ada pembangunan infrastruktur jalan karena molornya pengesahan APBD DKI 2015. Akan tetapi, pada APBD-P 2016, proyek ini akhirnya termasuk proyek yang dicoret.
  1. Proyek Mass Rapid Transit (MRT). Proyek MRT tidak bisa selesai pada periode 2012-2017 dan bahkan dipastikan tidak dapat beroperasi pada 2018. Terhambatnya proyek ini disebabkan masalah seperti pembebasan lahan dan juga masalah teknis seperti kesalahan dalam pemasangan box grider atau gelagar atau mengalami salah cetak sebanyak 57 buah. Meskipun proyek ini dikerjakan, dengan menggunakan cara penilaian terhadap kinerja Foke pada pilkada 2012, proyek ini dikategorikan sebagai proyek bermasalah karena gagal mencapai target dan tidak selesai dalam masa 1 periode. Pada masa Foke, April 2012 ia telah melakukan ground breaking dan menyampaikan bahwa akan dioperasikan pada 2016. Tetapi tetap dianggap gagal.
  1. Proyek light rail transit (LRT) Jakarta atau Pembangunan Kereta Api Ringan. Proyek LRT Jakarta ini berbeda dengan proyek LRT Jobedetabek Pemerintah Pusat. Proyek ini hanya untuk rute dalam kota dan berada pada kendali PT Jakpro. Pada Januari 2015, Ahok memastikan bahwa dua rute akan dibangun pada tahun 2015, tetapi hingga saat ini belum ada pembangunan. Pada Maret 2016, diberitakan proyek ini mangkrak dan PT Jakpro diminta menggandeng BUMN. Mangkraknya ini karena keuangan PT Jakpro yang tidak mencukupi. Pada Juni 2016, akhirnya dilakukan ground breaking proyek dan direncanakan akan mulai dikerjakan pada September 2016 . Tapi, lagi-lagi proyek ini terhenti karena terganjal persoalan aturan yang tidak memungkinkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menunjuk pemenang lelang secara langsung. Meski Ahok menyebut 17 Oktober 2016 akan ditetapkan pemenang lelang, hingga saat ini belum ditetapkan dan proyek pun belum bisa dieksekusi pada tahun 2016. Dokumen Analisis Mengenai Dampak Llingkungan (AMDAL) juga saat ini belum keluar meski tengah diproses. Dengan demikian, hampir 2 tahun proyek LRT Jakarta gagal dieksekusi sesuai rencana awal. Dalam kaitan itu, jika menggunakan pola yang sama untuk menilai kinerja proyek Foke, maka dapat disebutkan proyek ini adalah proyek bermasalah.

Data, fakta dan angka menunjukkan mangkrak alias gagal menyelesaikan proyek strategis tepat waktu, walau Ahok empat tahun jadi penguasa tinggi Pemprov DKI. Kampanye Ahok sudah membuktikan  kerja jadi Gubernur DKI, sungguh tidak salah. Tetapi, Ahok juga sudah membuktikan gagal mengerjakan 45 proyek strategis DKI.

Untuk kalangan pendukung buta Ahok, berhentilah membangun kesadaran palsu tentang kinerja Ahok di mata publik DKI. (*)

Referensi:

http://www.jakartamrt.co.id/tentang-mrt-jakarta/id

http://news.okezone.com/read/2011/03/09/338/433098/foke-pastikan-pembangunan-mrt-dimulai-2012

http://nasional.kompas.com/amp/read/2011/09/29/22514729/mrt.tak.akan.timbulkan.macet

http://nasional.kompas.com/read/2012/04/26/17071490/foke.resmikan.pencanangan.persiapan.pembangunan.mrt

http://nasional.sindonews.com/read/957366/149/proyek-monorel-resmi-dihentikan-1422509062

https://www.merdeka.com/uang/foke-belum-izinkan-adhi-karya-lanjutkan-proyek-monorail.html

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2011/06/17/foke-sedih-dki-tak-punya-duit-buat-monorail

http://news.liputan6.com/read/2212645/apbd-dki-2015-disepakati-rp-6928-triliun

https://m.tempo.co/read/news/2011/12/19/083372521/apbd-dki-jakarta-rp-36-triliun-disahkan

http://metro.news.viva.co.id/news/read/740050-ahok-didesak-realisasikan-erp http://www.tribunnews.com/metropolitan/2012/09/04/foke-jelaskan-rencana-implementasi-erp

http://www.beritasatu.com/megapolitan/65243-foke-erp-baru-bisa-diterapkan-dua-tahun-lagi.html

http://www.viva.co.id/prancis2016/read/753547-ini-penyebab-penerapan-erp-di-jakarta-terhambat

http://metro.news.viva.co.id/news/read/353460-daftar-janji-janji-jokowi-ahok

LKPJ Gubernur DKI 2012 [17] LKPJ Gubernur DKI 2013 [18] LKPJ Gubernur DKI 2014 [19] LKPJ Gubernur DKI 2015

http://news.liputan6.com/read/2052742/udar-pristono-jokowi-tahu-soal-pengadaan-bus-transjakarta

https://m.tempo.co/read/news/2014/02/10/083552639/bus-transjakarta-baru-jokowi-onderdil-rusak-mesin-berkarat

http://news.metrotvnews.com/metro/nbwd3xDk-pembangunan-sodetan-ciliwung-di-bidara-cina-mangkrak

http://metro.news.viva.co.id/news/read/383871-sby-sodetan-ciliwung-kanal-banjir-timur-selesai-2014

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2015/02/18/resmikan-proyek-sodetan-kali-ciliwung-jokowi-tahun-ini-harus-kelar

http://www.anggaran.depkeu.go.id/Content/10-08-16,%20NK%20APBN-P%202010.pdf .

http://www.antaranews.com/berita/333085/jokowi-janji-bangun-perkampungan-jakarta

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/03/05/14354331/Selama.2015.Tak.Akan.Ada.Pembangunan.Kampung.Deret.di.Jakarta

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/20/15454301/Komunitas.Ciliwung.Merdeka.Anggap.Ahok.Ingkar.Janji.soal.Warga.Kampung.Pulo

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/08/26/19353921/dki.batalkan.pembangunan.3.000.unit.rusun.tahun.ini.karena.dana.dari.pemerintah.pusat.dikurangi

https://news.detik.com/berita/3268357/jokowi-tegur-ahok-lantaran-apbd-dki-rp-139-t-masih-disimpan-di-bank

http://economy.okezone.com/read/2016/05/19/20/1392354/dana-mengendap-di-daerah-capai-rp238-8-triliun

https://m.tempo.co/read/news/2016/10/06/083810103/apbd-2016-dki-bekurang-banyak-proyek-vital-tertunda

https://news.detik.com/berita/3243140/data-bpk-begini-kisah-pemprov-dki-beli-tanah-milik-sendiri-rp-668-m

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/07/21/11331221/menurut.sekda.ahok.disposisi.pembelian.lahan.cengkareng.barat.langsung.ke.bpkad.dan.dinas.perumahan

http://wartakota.tribunnews.com/2016/11/16/pembangunan-proyek-rusun-semper-barat-mangkrak-pejabat-terkait-bilang-begini

http://wartakota.tribunnews.com/2016/11/16/warga-sebut-proyek-pembangunan-di-rusun-semper-barat-mangkrak

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/11/07/07391421/menyoal.pembangunan.rusun.yang.distop.

http://nasional.kompas.com/read/2016/11/11/17190311/sumarsono.buka.kemungkinan.lanjutkan.5.proyek.rusun.yang.dihentikan.ahok

http://www.beritasatu.com/pelayanan-publik/403019-audit-selesai-pemprov-dki-lanjutkan-pembangunan-lima-rusun.html

https://metro.tempo.co/read/news/2016/11/05/083818003/bangun-rusun-mangkrak-dki-gandeng-kementerian-pupr

http://poskotanews.com/2016/11/07/pemborong-masuk-black-list-delapan-proyek-rusun-dihentikan/

https://metro.tempo.co/read/news/2016/11/05/083817965/kunjungi-rusun-plt-gubernur-dki-tegur-project-manager

http://www.beritasatu.com/galeri-foto/5912-revitalisasi-rusun-penjaringan-mangkrak.html

http://www.beritasatu.com/megapolitan/391140-gagal-lelang-pembangunan-itf-sunter-dibatalkan.html

http://news.detik.com/berita/2081331/jokowi-akan-lanjutkan-proyek-pengolahan-sampah-itf-di-jakarta

http://m.viva.co.id/ramadan2016/read/46063-dki-resmikan-proyek-bantar-gebang

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/08/10/18250785/pengolahan.sampah.cakung.sudah.berjalan

http://www.republika.co.id/berita/pemilu/berita-pemilu/14/03/15/n2h8sz-ingat-inilah-19-janji-jokowi-saat-pilgub-dki-2012

http://www.beritajakarta.com/read/32922/DKI_Perpanjang_Target_Pemasangan_6000_CCTV#.WAWNu_TTPmo

http://megapolitan.harianterbit.com/megapol/2016/09/19/69170/18/18/-Rehab-45-Gedung-Sekolah-DKI-Batal

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/11/22/oh1hsl320-proyek-45-sekolah-mangkrak-pemprov-dki-jakarta-dinilai-tidak-serius

http://indopos.co.id/rehab-gedung-sekolah-terindikasi-korupsi/

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/01/17/niaqio-dana-bop-disetop-sekolah-swasta-terluntalunta

http://news.metrotvnews.com/read/2015/03/13/370883/mulai-2015-sekolah-swasta-tidak-lagi-dapat-bantuan-operasional-pendidikan

http://wartakota.tribunnews.com/2014/10/21/siswa-sekolah-swasta-keluhkan-pencabutan-dana-bop-swasta

http://www.beritasatu.com/megapolitan/102766-ahok-prinsipnya-tidak-ada-lagi-sekolah-gratis.html

http://poskotanews.com/2016/09/25/di-tangan-ahok-proyek-warisan-jokowi-mangkrak/

http://megapolitan.harianterbit.com/megapol/2016/01/20/53921/18/18/Proyek-Pembangunan-Sembilan-Waduk-Warisan-Jokowi-Mangkrak

http://news.metrotvnews.com/metro/8koXG8DK-proyek-waduk-brigif-mangkrak

http://news.metrotvnews.com/metro/ObzBGyeb-terkendala-alat-berat-proyek-waduk-jagakarsa-mangkrak

http://poskotanews.com/2016/01/11/pak-ahok-masa-sudah-dua-tahun-waduk-pondok-ranggon-mangkrak/

http://wartakota.tribunnews.com/2016/09/23/pengerjaan-proyek-waduk-rambutan-1-belum-mencapai-50-persen

http://www.beritajakarta.com/read/37755/alat-berat-di-waduk-rambutan-1-berhenti-beroperasi#.WE6CnX0bLAA

http://news.liputan6.com/read/2034141/jokowi-minta-pembangunan-waduk-rawa-kendal-rampung-tahun-ini

http://wartakota.tribunnews.com/2015/02/16/proyek-pengerukan-waduk-rawa-kendal-mangkrak-setahun

http://www.beritaasatu.com/2016/12/09/kasus-pembangunan-waduk-rawa-rorotan-pemda-dki-diminta-panggil-pt-mitra-sindo-makmur/

http://wartakota.tribunnews.com/2014/01/29/lokasi-waduk-bukan-di-cengkareng

http://www.beritajakarta.com/read/34302/Pembangunan_Waduk_Cilangkap_Mangkrak#.WE6vwn0bLAA

http://poskotanews.com/2015/09/27/diresmikan-jokowi-pembangunan-waduk-di-cilangkap-mangkrak/

http://wartakota.tribunnews.com/2016/10/27/cpu-backhoe-hilang-pembuatan-waduk-cimanggis-tertunda

http://wartakota.tribunnews.com/2016/09/29/waduk-rawa-lindung-masih-terbengkalai

https://www.lapor.go.id/id/1429803/pembangunan-waduk-terbengkalai-padahal-sangat-berguna-untuk-menanggulangi-banjir.html

http://www.beritajakarta.com/read/34177/Proyek_Pintu_Air_di_Waduk_Rawa_Babon_Mangkrak#.WEFABbnTPmo

http://wartakota.tribunnews.com/2016/07/27/warga-kelapa-dua-wetan-keluhkan-proyek-pintu-air-waduk-rawa-babon-mangkrak

http://news.okezone.com/read/2016/08/30/338/1476591/waduk-meluap-petugas-jebol-jembatan-rawa-bambon

http://beritapulauseribu.com/bpsc/berita-swro-mangkrak-bupati-akan-bersurat-ke-plt-gubernur-dki-.html#.WEE_F7nTPmo

http://jakarta.bisnis.com/read/20161121/77/604879/dki-kembali-anggarkan-proyek-swro-kepulauan-seribu-di-apbd-2017

http://www.tribunnews.com/superball/2012/11/16/jakmania-tagih-janji-jokowi-bangun-stadion-untuk-persija

http://news.detik.com/berita/2593653/sudah-tak-ada-masalah-jokowi-resmikan-stadion-taman-bmw-untuk-persija

https://m.tempo.co/read/news/2014/05/28/083580822/jokowi-targetkan-stadion-bmw-rampung-dua-tahun

http://www.beritajakarta.com/read/5118/Proyek-Pembangunan-Stadion-BMW-Dikebut#.WE9UbrnTPmp

http://metro.news.viva.co.id/news/read/639943-gugat-menggugat-lahan-pembangunan-stadion-bmw-tertunda

http://metro.news.viva.co.id/news/read/676733-dki-batal-gelar-asian-games-di-stadion-bmw

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/07/19/15120091/terbentur.permendagri.ahok.tak.bisa.selesaikan.pembangunan.stadion.bmw.

https://m.tempo.co/read/news/2016/05/23/064773448/berbau-korupsi-proyek-trotoar-di-jakarta-selatan-berlanjut

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/03/14561031/Proyek.Pembangunan.Trotoar.di.Jaksel.Terindikasi.Korupsi.Rp.3.5.Miliar

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/08/08/14021641/kejaksaan.tetapkan.3.tersangka.proyek.trotoar.1.telah.ditahan

http://www.kejari-jaksel.go.id/read/news/2016/07/15/710/kejari-jaksel-menetapkan-3-tersangka–kasus-trotoar-dan-saluran-tepi–di-wilayah-kecamatan-cilandak

http://koran.bisnis.com/read/20160829/436/579193/3-paket-pembangunan-jalan-dibatalkan

https://m.tempo.co/read/news/2016/10/06/083810103/apbd-2016-dki-bekurang-banyak-proyek-vital-tertunda

http://ekbis.sindonews.com/read/1095508/34/mrt-dipastikan-ahok-gagal-beroperasi-di-2018-1458810625

http://news.metrotvnews.com/metro/0Kvm34Gk-proyek-mrt-masih-terkendala-pembebasan-lahan

https://www.merdeka.com/jakarta/proyek-mrt-terhambat-dki-desak-pusat-bikin-aturan-pembebasan-lahan.html

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/15/21252481/Ahok.Tetap.Akan.Bangun.LRT.Berikut.Tujuh.Rute.yang.Disiapkan

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/22/20453981/Ahok.Pastikan.Dua.Rute.LRT.Dibangun.Tahun.Ini?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp

http://economy.okezone.com/read/2016/03/16/320/1337850/lrt-jakarta-mangkrak-jakpro-berencana-gendeng-adhi-karya

http://www.koran-jakarta.com/pengerjaan-proyek-lrt-dki-sesuai-jadwal/

http://www.jakarta-propertindo.com/id/id/september-jakpro-mulai-bangun-lrt/

https://news.detik.com/berita/d-3310490/ahok-pemenang-lelang-proyek-lrt-akan-teken-kontrak-17-oktober

http://metro.sindonews.com/read/1161645/171/pembangunan-fisik-lrt-jakarta-dimulai-januari-2017

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.