Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

4 Tahun Pimpin Kejagung, Prasetyo Selamatkan Triliunan Uang Negara

4 Tahun Pimpin Kejagung, Prasetyo Selamatkan Triliunan Uang Negara
* Acara laporan 4 tahun kinerja Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (25/10/2018). (foto: beritaobserver.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kinerja Jaksa Agung HM Prasetyo patut diacungkan jempol. Bagaimana tidak, selama empat tahun memimpin korps Adhyaksa, jajarannya berhasil menyelamatkan keuangan negara yang jumblahnya triliunan rupiah.

“Dalam 4 tahun terakhir, Kejaksaan Agung (Kejagung) telah berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp.2.029.117.497.927,78 dan USD 263,929.12,” ungkap Prasetyo dalam pidato tertulisnya yang disampaikan dalam laporan 4 tahun kinerja Kejaksaan Agung di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Selain berhasil menyelamatkan keuangan negara, dalam waktu bersamaan korps jaksa juga melakukan penindakan secara tegas terhadap pelaku tindak pidana korupsi.

Terhitung, sejak Tahun 2015 sampai September 2018 telah melakukan penyelidikan sebanyak 5.833 kasus, penyidikan sebanyak 5.273 perkara dan penuntutan sebanyak 8.070 perkara korupsi yang berasal dari hasil penyidikan Kejaksaan sendiri dan hasil penyidikan instansi lain, serta telah melakukan eksekusi terhadap 5.374 orang terpidana.

Baca juga: Kejagung Siap Kawal Penyaluran Dana Desa

Selain menindak dan menghukum para pelakunya, dalam penanganan perkara korupsi, Kejaksaan juga berupaya melakukan penyelamatan dan pengembalian keuangan dan kekayaan negara melalui asset recovery, sebagai bentuk pendekatan follow the suspect, follow the money, dan follow the asset.

Dia menuturkan, pendekatan sedemikian menjadi penting karena esensi dan akibat yang ditimbulkan oleh tindak pidana korupsi adalah hilangnya uang negara yang menyebabkan terganggunya perekonomian negara, berujung pada kesengsaraan dan penderitaan yang ditanggung oleh masyarakat dan rakyat.

Lantaran hal itulah, Jaksa Agung mengungkap rasa syukur karena menjelang tahun kelima Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, banyak hal telah mengalami kemajuan dan berbagai program pembangunan berhasil dicapai dan diwujudkan meski masih ada yang masih harus dilanjutkan dan sedang dikerjakan, persoalan ekonomi, politik, sosial, keamanan dan juga masalah hukum dan penegakan hukum, semuanya menunjukkan trend meningkat.

“Semua keberhasilan itu dicapai atas dasar narasi besar membangun manusia Indonesia menuju negara maju, yang ditopang oleh antara lain, oleh meningkatnya stabilitas politik danDitengah berbagai upaya dan kerja bersama,”ujarnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.