Rabu, 1 April 20

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Pasca Operasi

4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Pasca Operasi
* Luka bekas operasi. (Foto: Hello sehat)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sudah barang pasti setiap orang yang memutuskan untuk melakukan tindakan operasi biasanya meninggalkan luka bekas. Bagi beberapa orang bekas luka ini kerap membuat mereka risih. Sehingga beberapa cara dilakukan untuk menyamarkan luka bekas operasi ini.

Berikut beberapa langkah mengatasi bekas luka operasi seperti dilansir Verywell Health:

1. Gel

Gel luka silikon biasanya bisa langsung dioleskan pada luka. Setelah dioleskan biarkan ia kering. Gel ini jika kering mirip dengan bungkus plastik tebal. Penelitian telah menunjukkan bahwa silikon dapat membantu mengurangi jaringan parut dan umumnya digunakan setelah operasi plastik. Dijelaskan Bupa, gel atau lem ini akan menghilang dengan sendirinya pada 7 sampai 10 hari.

2. Obat resep

Bekas luka setelah operasi bisa dihilangkan dengan pembersih, salep atau rejimen perawatan bekas luka, tapi ini sebaiknya Anda diskusikan dengan dokter Anda.

3. Suntikan steroid

Bicarakan dengan dokter bahwa Anda ingin melakukan suntik atau injeksi steroid. Steroid sering dipakai untuk membentuk otot dan menyembuhkan luka. Biasanya dipakai oleh perempuan dan atlet untuk mempercantik diri.

4. Penempatan sayatan

Dalam beberapa operasi, penempatan sayatan tidak mutlak. Anda mungkin dapat berbicara dengan ahli bedah Anda tentang lokasi sayatan bisa ditempatkan untuk menyembunyikan atau membantu meminimalkan bekas luka.

Misalnya, operasi caesar dapat dilakukan dengan sayatan vertikal, yang mungkin lebih jelas, atau sayatan horizontal, yang mungkin bisa Anda disamarkan dengan bikini.

Untuk mengurangi keparahan bekas luka sebenarnya kita perlu menghindari hal-hal seperti merokok, minum minuman beralkohol, memperbanyak asupan nutrisi, dan konsumsi cukup cairan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.