Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

317 Sheet Data SKPD Kota Bandung Dapat Diakses Publik

317 Sheet Data SKPD Kota Bandung Dapat Diakses Publik
* Sosialisasi dan FGD (Focus Group Discussion) Implementasi Open Data di Pemerintahan Kota Bandung.

Bandung, Obsessionnews – Keterbukaan informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Asep C Cahyadi saat membuka acara Sosialisasi dan FGD (Focus Group Discussion) Implementasi Open Data di Pemerintahan Kota Bandung di Ballroom Hotel Grand Pacific, Jl. Pasir Kaliki Bandung, Rabu (2/3/2016).

“Hal-hal yang terkait kebijakan pemerintah harus dikonsumsi juga oleh masyarakat dan tidak perlu disembunyikan sebagaimana tertulis dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kecuali yang bersifat rahasia atau tidak dapat diakses oleh publik,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kadiskominfo menyampaikan sambutan Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil yang berhalangan hadir.

Sambutan tersebut berisi langkah inovatif Kota Bandung mendukung gerakan Open Data yang juga merupakan bagian dari solusi Open Government Indonesia (OGI).

“Pesatnya teknologi informasi membuat masyarakat sekarang mudah untuk mendapatkan informasi, ada 317 sheet terbuka untuk seluruh data Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Bandung yang dapat diakses publik di website portal Bandung,” tuturnya.

Acara sosialisasi dan diskusi tersebut menghadirkan narasumber dari Code for Bandung, Pandu Kartika Putra, perwakilan Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan (Diskominfomas) Provinsi DKI Jakarta serta Sekretaris Diskominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brillyana.

Tujuannya acara tersebut mendapatkan masukan terkait implementasi open data dan roadmap open data Kota Bandung, memperbaiki proses pengumpulan dan diseminasi data, mendorong pemanfaatan data dalam proses pengambilan keputusan dan mendorong partisipasi masyarakat terkait pelaksanaan open data di Kota Bandung.

Asep juga menyampaikan ajakannya di hadapan aparatur di lingkungan Pemkot Bandung dan komunitas yang ada di Kota Bandung untuk ikut berkontribusi dalam implementasi open data di Kota Bandung.

“Bandung tahun 2015 berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, sebagai juara umum ketiga Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Terlengkap dan juara kedua untuk kategori Pengumuman Informasi Berkala Terlengkap, melesat jauh dari posisi 17 pada tahun sebelumnya, namun kita jangan berpuas diri dengan hasil kemarin, karena Kota yang baik kuncinya adalah masyarakat ikut berpatisipasi, itu yang akan menjadikan Bandung Juara,” tambahnya.

Inisiatif open data di Pemkot Bandung diawali dengan penandatangan deklarasi Bandung mendukung gerakan keterbukaan data Indonesia pada tanggal 5 Desember 2014 oleh Wali Kota Bandung, yang kemudian ditindaklanjuti melalui berbagai kegiatan untuk mengimplementasikan open data di Pemerintahan Kota Bandung yaitu Bandung Open Data Summit and Challenge (BOSCHA), Data Discovery Workshop (DDW), Scrap-A-Thon, Launching Portal Data Bandung dan pembuatan Roadmap Open Data Kota Bandung. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.