Rabu, 20 Oktober 21

30 PTN se Indonesia Gelar Rakernas HIMPUNI di Purwokerto

30 PTN se Indonesia Gelar Rakernas HIMPUNI di Purwokerto
* Rapat Rakernas HIMPUNI di Ruang Rapat Rektor Unsoed

Purwokerto – Himpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI) sebagai wadah atau Perhimpunan dari organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dituntut untuk memberikan sumbangsih yang nyata baik pikiran, tenaga ataupun karya nyata demi terwujudnya bangsa pemenang.

 

HIMPUNI yang lahir pada 20 Mei 2016 lalu ini telah melaksanakan Munas HIMPUNI ke-1 di Lombok, Nusa Tenggara Barat  pada tanggal 1 April 2017 lalu.  Keluarga Alumni Unsoed (KAUNSOED) terpilih sebagai pelaksana Rakernas HIMPUNI pertama ini sekaligus membawa setidaknya Alumni-alumni Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk memperkenalkan Purwokerto sebagai tujuan wisata.

 

Rakernas pada pukul 09.00 – 16.30, Sabtu (25/11/2017), di Gedung Yustisia Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Pukul 19.00 – 22.00 hari Sabtu 25 November 2017 di Hotel Santika Purwokerto acara “Gala Dinner” peserta Rakernas HIMPUNI : live musik dan pesta durian.

 

Dengan mengangkat tema “Sinergi Anak Bangsa Membangun Negeri, sedikitnya alumni dari 30 Perguruan Tinggi Negeri  di Indonesia  berkumpul di Purwokerto untuk bersatu, bersinergi membangun Indonesia menjadi Bangsa Pemenang. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang maju, sejahtera, adil dan makmur sejajar dengan bangsa-bangsa terpandang lainnya di dunia.

 

Alumni berbagai PTN Indonesia ini bersinergi menyumbangkan berbagai pokok pemikiran, program, dan tindakan nyata di berbagai bidang di antara Industrialisasi, Kewirausahaan, Daya Saing, Pariwisata, Pertanian, Keuangan, SDM, Kemaritiman dan lain-lain. Ada 16 Kelompok Kerja (Pokja) HIMPUNI yang telah dibentuk yaitu Pokja Ketahanan Pangan, Pokja Pedesaan,

 

Pokja Maritim, Pokja Keuangan, Pokja Ketahanan Energi, Pokja Pariwisata, Pokja Pendidikan, Pokja Industrialisasi dan Daya Saing,  Pokja Hukum, Pokja Inovasi, Pokja Perkebunan, Pokja Sospol dan Investasi; Pokja Perumahan Rakyat; Pengembangan SDM; Pokja Ketahanan Nasional, Pokja Infrastruktur  serta  Pokja Industri Kecil dan Kreatif .

 

(Kiri ke kanan) :  Jony Hermana (Rektor ITS), Ali Masykur Musa, Moh. Nasih (Rektor UNAIR), & paling kanan Alief  Einstein

 

Tujuan serta sasaran Rakernas HIMPUNI adalah:

  • Meningkatkan ikatan persaudaraan dan kerjasama sesama anggota HIMPUNI

 

  • Meningkatkan peran serta HIMPUNI dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara menuju bangsa pemenang demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur

 

  • Menyelesaikan berbagai urusan organisasi seperti statuta dan status badan hukum HIMPUNI.

 

  • Menindaklanjuti dan melaksanakan program-program kerja HIMPUNI khususnya dalam kepengurusan Presidium I.

 

HIMPUNI merupakan organisasi non partisan, independen, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan apapun serta menggandeng seluruh potensi anak bangsa para alumni PTN ini untuk bekerjasama, bersinergi membangun negeri.

 

Selain Pokja, HIMPUNI juga melestarikan kebudayaan nasional dengan menggelar Ketoprak Jenaka baik di Jakarta dan Surabaya serta berbagai kegiatan sosial lainnya seperti buka bersama anak yatim, kepedulian sosial seperti bencana alam dan lain-lain.

 

Alief Einstein &  Sirra Prayuna (Ketua Tim Kuasa Hukum Ahok),

 

Garis Besar Kegiatan Rakernas :

  • Tanggal 24 November 2017 malam – semua peserta hadir
  • Tanggal 25 November 2017  Rakernas  HIMPUNI akan menyiapkan 3 komisi :
  • 1) Komisi 1 membidangi masalah Organisasi (Statuta, Legalitas badan Hukum

HIMPUNI, Mekanisme dan Pembagian Kerja, Kelengkapan Kepengurusan Pokja, Penambahan keanggotaan Organisasi Alumni (OA).

 

2)    Komisi 2 membahas masalah Program Kerja

 

3)    Komisi 3 membahas Rekomendasi dan Pernyataan

 

4)    Malam hari menggelar Gala Dinner, dengan menampilkan The Bietles, tribute band Beatles kenamaan dari Jakarta yang sebelumnya dibuka dengan Soedirman band.

 

  • Tanggal 26 November 2017 :

Jalan sehat bersama blusukan kampung (Hash House Harrier) di lokawisata Baturraden (HASH) serta diakhiri dengan City tour di wilayah Purwokerto dengan memperkenalkan makanan tradisional sroto dan mendoan, pesta durian serta wisata ke sentra kerajinan batik di Sokaraja.

 

KAUNSOED : Haiban Hadjid, Alief Einstein, dan Final,

 

Delegasi Rakernas HIMPUNI :

Rakernas HIMPUNI di Purwokerto ini akan diikuti oleh:

1) Presidium  I HIMPUNI, yang terdiri dari IA ITB sebagai Koordinator dan anggotanya adalah KAUNSOED, KAUJE , IKA UNAND, IKA UNSRI, IKA UNPAD, IKA UNHAS, HA-IPB dan IKA UNM.

 

2) Seluruh Organisasi Alumni (OA) lainnya seperti IKA UNDIP, KAGAMA, IKA ITS, IKA UB, ILUNI, IKA UA, IKA UNRAM, IKA UPN,  IKA UNS, IKA UNIB, IKA USU dan lain-lain.

 

3)  Organisasi Alumni lain yang belum tergabung dalam HIMPUNI sebagai peninjau seperti  IKA UNRI; IKA UNILA; IKA Trunojoyo; IKA; UNSIL, IKA Tirtayasa; IKA UNLAM dan sebagainya.

 

 

Ketoprak Jenaka HIMPUNI dalam rangka Dies (UNAIR dan ITS) di Surabaya.

 

Susunan Panitia Rakernas HIMPUNI

 

Steering Committee , antara lain:

–          Ali Masykur Musa (KAUJE)

–          Akhmad Muqowam (IKA UNDIP)

–          Haiban Hadjid (IKA UNSOED)

–          Dwilarso (IA ITB)

 

 

Organizing  Committee, antara lain :

–          Final Prajnanta (KAUNSOED)

–          Andrijani Sulistiowati (KAUNSOED)

–          M. Taufik Hidayat (KAUJE)

–          Surya Tri Harto (IKA UNAND)

–          Riswati (KAUNSOED)

 

Keterangan foto-foto: contoh salah satu kegiatan HIMPUN untuk melestarikan kebudayaan nasional – Ketoprak Jenaka HIMPUNI dalam rangka Dies (UNAIR dan ITS) di Surabaya.

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.