Kamis, 25 April 24

30 Kolonel TNI Siap Beri Pendidikan Karakter Siswa

30 Kolonel TNI Siap Beri Pendidikan Karakter Siswa

Bandung, Obsessionnews.com – Pemerintah Kota Bandung menjalin kerjasama dengan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) untuk dukungan sumber daya manusia dalam mewujudkan pendidikan karakter di Kota Bandung.

Bertempat di SMAN 8 Bandung, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil dan Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI, Didied Pramudito, disaksikan Komandan Sesko TNI Agus Sutomo menandatangani kesepakatan kerja sama tersebut, Senin (3/10/2016).

Penandatanganan dilakukan usai pelaksanaan upacara bendera bersama seluruh warga sekolah dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Dalam upacara tersebut, Agus Sutomo bertindak selaku pembina upacara.

Kerja sama dengan Sesko TNI dilakukan dalam rangka mendukung pendidikan karakter Bandung Masagi.

siap-beri2

Dengan kerja sama ini, TNI menjadi narasumber salah satu elemen Bandung Masagi, yakni pendidikan bela negara dengan menjadi pembina upacara di sekolah, mulai dari jenjang SMP dan SMA.

“Hari ini kita mulai salah stau program bela negara, yaitu para perwira tinggi melati tiga, kolonel, yang sedang sekolah di Sesko TNI tiap Senin jam 7 bergilir menjadi pembina upacara di SMP dan SMA se-Kota Bandung,” terang Ridwan saat ditemui di Pendopo Kota Bandung.

Ridwan menambahkan, TNI dipilih oleh Pemkot Bandung sebagai representasi dari unsur bela negara. Unsur Sesko sebagai lembaga pendidikan militer menjadi penguat agar materi bela negara dapat tersampaikan dengan baik.

“Muatan-muatan bela negara kan yang terbaik pasti di TNI dan mereka melengkapi apa yang sudah dilakukan Pemkot Bandung,” lanjut Ridwan.

siap-beri3

Menurutnya, ini juga dapat menjadi kesempatan bagi siswa Sesko TNI untuk berhadapan langsung dengan masyarakat.

Ridwan mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Bandung telah mengatur jadwal dan mengoordinasikan dengan pihak sekolah agar para siswa Sesko TNI menjadi pembina upacara setiap hari Senin.

Terdata, sekitar 30 kolonel telah siap bertemu dengan para siswa untuk memberikan materi bela negara.

“Ini cara kita supaya upacara nggak membosankan. Kepala sekolah lagi, kepala sekolah lagi,” ujarnya.

Usai menandatangani kesepakatan, Ridwan dan Agus meresmikan kelas baru yang merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.