Kamis, 16 September 21

30% Kecamatan di Indonesia Terapkan Paten

30% Kecamatan di Indonesia Terapkan Paten

Subang, Obsessionnews – Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) telah diterapkan 30% kecamatan di Indonesia atau di lebih 7 ribu kecamatan di 254 kabupaten/kota di Indonesia. Menurut Konsultan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Ferry Anggoro, penerapan Paten sebagai suatu kewajiban yang harus dilakukan di setiap kabupaten dalam meningkatkan pelayanan.

Dalam pemaparannya, Ferry menyebutkan berbagai pelayanan yang bisa didelegasikan kepada kecamatan. Karena pada dasarnya kecamatan adalah kepanjangan pemerintah kabupaten. Kriteria pelayanan yang bisa didegasikan ke tingkat kecamatan diantaranya yang jumlahnya banyak (sering) dengan nilainya kecil dan umumnya pemohonnya dekat dengan kantor kecamatan.

“Untuk yang lainnya bisa serahkan ke tingkat dinas,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam Lokakarya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Tahun 2015, Selasa (3/11/2015).

Kegiatan lokakarya merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Subang melalui Bagian Pemerintahan Setda Kab Subang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan Paten. Karena banyak jenis pelayanan yang dirasakan lebih efektif diberikan ke tingkat kecamatan.

Dalam sesi dialog, terungkap tantangan di Subang dalam hal Peraturan Bupati (Perbup) masih memberlakukan yang lama yaitu Perbup No. 7 tahun 2012. Kata Ferry, walaupun dengan Perbup lama masih bisa.

“Sambil jalan bisa dilakukan revisi,” tambahnya. Hal terpenting dalam pelayanan ialah saling percaya dengan buat tempat pelayanan yang setara antara pemohon dengan personil pelayanan. “Misalnya tidak menggunakan model loket sehingga ada sekat dengan pemohon,” jelasnya.

Dari 30 kecamatan di Subang pada tahap pertama diikuti oleh 16 kecamatan di Kab Subang. “Diharapkan yang (14 kecamatan) lainnya segera menyusul,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Asisten Tata Praja Kab Subang, Asep Nuroni menyampaikan apresiasinya terhadap Lokakarya yang dilaksanakan oleh Kemendagri di Kabupaten Subang.

Kata Asep diakui bahwa pelayanan di Subang perlu dilakukan peningkatan supaya lebih maksimal menjangkau masyarakat yang membutuhkan pelayanan pemerintah. (Teddy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.