Rabu, 6 Juli 22

3 Prinsip Ini yang Mengantar Wenda Aluwi Sukses Berkarier di Dunia Lawyer

3 Prinsip Ini yang Mengantar Wenda Aluwi Sukses Berkarier di Dunia Lawyer
* Managing Partner ALUWI & ALUWI Wenda Aluwi. (Foto: Dok Pribadi)

Jakarta, obsessionnews.comKekaguman Wenda Aluwi terhadap sosok almarhum Djoni Aluwi, memotivasinya terjun dan menekuni dunia yang digeluti ayah tercintanya tersebut, yakni advokat. Dia melihat profesi advokat dapat membentuk kepribadian seseorang serta cara pandang, melihat, dan menyelesaikan suatu permasalahan.

“Papa adalah sosok yang tegas dan selalu melihat setiap permasalahan dengan komprehensif, berpembawaan sangat tenang, sehingga dalam situasi batin seperti itulah saya dibesarkan. Maka bagi saya saat itu tidak ada pilihan selain menjadi advokat,” ujar Wenda dikutip dari majalah Men’s Obsession edisi 208, Jumat (28/5/2021).

Aluwi & Aluwi atau H. Djoni Aluwi & Aluwi adalah kantor advokat yang dibidangi sang ayah yang dahulu bernama H. Djoni Aluwi & Associates.

“Sebagai anak pertama yang mengikuti jejak Papa, begitupun kedua adik saya, Pratama Aluwi & Dwi Aluwi, membuat saya kemudian memohon izin Papa untuk mengubah nama itu menjadi H. Djoni Aluwi & Aluwi,” ungkap perempuan lulusan Universitas Parahyangan ini.

Pada masa-masa awal bekerja, dia melihat banyak lawyer muda yang belajar dan kemudian menjadi advokat-advokat hebat. Bahkan seiring berjalannya waktu sesuai dengan kodrat advokat yang independen, mereka mendirikan kantor sendiri. Hal itu mendorong dirinya untuk selalu mendampingi ayahnya.

“Harus ada advokat yang dapat diandalkan dalam menjalankan kantor yang saya persiapkan untuk adik-adik dan pada saatnya mereka yang akan membesarkan kantor advokat ini,” ucapnya dengan semangat.

Sejak disumpah dan diangkatsebagai advokat pada 2001, Wendamenjalani profesi ini mengalir begitusaja. Dia diajarkan untuk menghormatiprofesi ini dan menjauhi ingar-bingarpublisitas terkait beragam perkara yangditangani. Karena dia percaya banyakklien yang harus dilindungi privasinya.

“Melakukan hal terbaik untuk klien dan membiarkan mereka menilai pekerjaan saya serta mendapatkan kepercayaan mereka,” kata Wenda.

Dia mengaku cukup memakan waktu yang lama dan banyak upaya yang harus dibuktikan kepada ayahnya hingga diberi kepercayaan sebagai partner dan kemudian memimpin serta menjalankan kantor hukum ini.

“Pada sisi lain, saya memilih banyak organisasi untuk menunjukkan eksistensi dan pembuktian diri saya. Dan, alhamdulillah apa yang saya lakukan untuk profesi advokat dapat berjalan beriringan dengan organisasi-organisasi tempat saya terlibat di dalamnya,” imbuh Sekretaris DPD Granat Jawa Barat dan Wakil Sekjen di Ilumni FH UNPAR ini.

Dalam hidup, Wenda memegang tiga prinsip, yakni loyalitas, integritas, dan soliditas. Kesetiaan pada profesi, apa yang dipercayai benar, dan apa yang sedang dikerjakan, menurutnya akan Wenda Aluwi (Managing Partner ALUWI & ALUWI) menjadikan diri sebagai pribadi yang berintegritas. Prinsip ini jugalah yang membuatnya sukses berkarier di dunia lawyer lebih dari 20 tahun sejak 2021.

“Pribadi yang melakukan hal baik tanpa harus di-notice atau mendapat tepuk tangan dari orang lain,” ucapnya.

Wenda yang yakin ketika menjadi pribadi yang memiliki integritas maka kita juga akan menjadi pribadi yang solid, firm, dan utuh. Di tengah pandemi Covid-19, firma hukum yang dinakhodainya tetap eksis berkibar. Kuncinya adalah memberikan pelayanan paripurna dengan personal touch sehingga membuat retainer client bertahan untuk waktu yang lama bahkan sampai belasan tahun.

Bagi dirinya, membangun kepercayaan klien adalah hal yang utama. Setiap perkara yang ditangani memiliki titik pencapaian yang sama besarnya.

“Kami perlakukan setiap perkara sama seriusnya, sama besarnya. Saya yakin hal tersebut menjadi solusi bagi kami di tengah pandemi,” ujar Wenda.

Prestasi lain yang dipatrinya adalah dipercaya sebagai ketua DPC AAI Kota Bandung periode 2019-2023. Ini adalah titik pencapaian terbesarnya. Menurutnya tidak mudah menjadi pemimpin muda untuk ratusan advokat senior maupun advokat muda.

“Namun, dengan kerja keras pengurus dan kontribusi dari anggota membuat DPC AAI BANDUNG yang saya pimpin menjadi salah satu DPC yang paling bersinar,” tambah Wenda. (Gia/MO/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.