Rabu, 5 Agustus 20

3 Alasan Mengapa Paskhas Pasukan Elite TNI AU Ini Ditakuti Dunia

3 Alasan Mengapa Paskhas Pasukan Elite TNI AU  Ini Ditakuti Dunia
* Pasukan Khas, Paskhas AU. (Foto: TNI AU)

Jakarta, Obsessionnews.com – Indonesia punya pasukan TNI yang ditakuti dunia, pasukan pemberani itu dikenal dengan sebutan Paskhas atau Pasukan Khas dari TNI AU. Kehebatan Paskhas sudah diakui dunia sejak lama, banyak negara yang kagum dengan kemampuan Paskhas dalam menguasai dunia penerbangan dalam pertempuran.

Misalnya, pada saat mengompori Timor-Timur untuk lepas dari NKRI pada 1999, Australia mengakui kehebatan Paskhas. Awalnya mereka menilai hanya pasukan SAS (Special Air Service) Inggris yang punya kemampuan mengoperasikan bandara. Namun nyatanya, TNI AU juga memiliki kemampuam tersebut.

Berikut tiga alasan mengapa Paskhas menjadi pasukan yang ditakuti dunia:

1. Tidak semua negara punya pasukan khusus

Tidak banyak negara yang memiliki pasukan khusus dalam militer khususnya angkatan udara. Mantan panglima-panglima NATO saat ditanya seorang mahasiswa di Amerika, menurut laman resmi TNI AU mengatakan, Paskhas yang dimiliki Indonesia termasuk pasukan khusus yang paling diwaspadai dunia.

2. Kemampuannya sulit ditiru

Dalam suatu kesempatan saat berkunjung ke Markas Komando Pasukan Khas (Kopaskhas) di Margahayu, Bandung, Jawa Barat, Panglima TNI (2014-2015) Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan Sat Bravo mempunyai markas dan landasan udara tersendiri di Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Gatot mengatakan, Paskhas hebat karena karena punya kemampuan yang susah ditiru oleh pasukan lain. TNI AU tidak sembarangan memperlihatkan dalam acara apapun juga, termasuk dalam demonstrasi Paskhas TNI AU.

3. Jago mengoperasikan pangkalan udara

Ciri khas yang dimiliki Paskhas terletak pada kemampuan personel pasukan tersebut, dalam mengendalikan bandara atau pangkalan udara. Sebagai pasukan khusus TNI AU, tugas utama Paskhas adalah menjaga pangkalan udara dan semua asetnya. Dalam peperangan, tugas utama mereka juga menguasai pangkalan udara lawan dan kemudian mengoperasikannya.

Satu-satunya pasukan elite TNI yang bisa mengoperasikan bandara atau pangkalan udara hanya Paskhas. Mereka telah mendapat pelatihan mengoperasikan pangkalan udara secara memadai.

Pada saat jajak pendapat lepasnya Timor-Timur dari Indonesia pada 1999, Australia sangat terkejut melihat sepak terjang pasukan Paskhas. Sebab semua personel Paskhas yang bertugas di Bandara Internasional Comoro pada saat itu, secara teknis mahir mengoperasikan bandara. Pasukan Australia yang awalnya arogan, berubah jadi segan terhadap personel Paskhas. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.