Minggu, 28 November 21

3.074 Calon Mahasiswa Baru Diterima di UGM Lewat Jalur Ujian Tulis

3.074 Calon Mahasiswa Baru Diterima di UGM Lewat Jalur Ujian Tulis
* Calon mahasiswa UGM mengikuti ujian tulis.

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 3.074 calon mahasiswa baru diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, lewat jalur ujian tulis untuk Program Sarjana dan Diploma Gelombang 1. Pengumuman calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini telah dapat diakses pada hari Jumat, 1 Juli 2016 mulai pukul 20.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D., mengatakan sebanyak 3.074 calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ujian tulis kali ini terdiri atas 751orang calon mahasiswa untuk bidang Soshum dan 1.667 orang calon mahasiswa bidang Saintek. Calon mahasiswa yang diterima pada Program Sarjana sejumlah 2.418 orang dan pada Program Diploma sejumlah 656 orang.

“Ujian tulis ini digelar agar masyarakat bisa mendapat akses yang lebih besar untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas,” ujar Iwan di Yogyakarta seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM, Jumat (1/7).

Iwan menambahkan dari jumlah tersebut 1.532 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan  1.542 perempuan. Sementara itu, jumlah peserta yang mengikuti ujian tulis ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah peserta ujian tulis mencapai 28.603 orang peserta, maka kali ini meningkat hingga 32.606.

“Antusiasme calon mahasiswa untuk masuk ke UGM dari tahun ke tahun terus meningkat,”katanya.

Iwan menjelaskan untuk program Sarjana Bidang Soshum prodi yang terbanyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, serta Manajemen dan Kebijakan Publik. Sementara untuk bidang Saintek, yaitu program studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Sipil, Perencanaan Kota dan Wilayah, serta Teknik Industri. Untuk program diploma paling banyak peminatnya untuk bidang saintek adalah program studi  Rekam Medis, Agroindustri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, serta Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Sedangkan untuk bidang soshum Manajemen, Kearsipan, Pariwisata, Ekonomi Terapan, serta Bahasa Inggris.

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di UGM diwajibkan untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengisian biodata. Dokumen yang diperlukan dapat dilihat di Pengumuman Rektor mengenai registrasi yang dapat diakses melalui masing-masing akun calon mahasiswa yang dinyatakan diterima.  Pengisian biodata dimulai pada tanggal 12 – 15 Juli.

Laman pengisian biodata akan ditutup pada tanggal 15 Juli 2016 Pukul 10.00 WIB. Selain mengisi biodata, calon mahasiswa wajib melihat besaran UKT yang harus dibayarkan, jadwal registrasi, dan jadwal Tes Kemampuan Bahasa Inggris di laman http://um.ugm.ac.id pada tanggal 20 Juli 2016 mulai pukul 17.00 WIB.

Pembayaran UKT dimulai pada tanggal 21 Juli 2016 sampai dengan 25 Juli 2016. Pembayaran dapat dilakukan melalui atm, internet banking, dan teller di semua cabang Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, dan Bank Syariah Mandiri seluruh Indonesia. Cara membayar dapat dilihat di laman http://um.ugm.ac.id/cara pembayaran registrasi sarjana/.

Selain itu, UGM juga masih membuka pendaftaran Jalur Ujian Tulis (UTUL) Sekolah Vokasi Gelombang 2 sampai dengan tanggal 11 Juli 2016. Tes dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2016 di Yogyakarta. Informasi selengkapnya mengenai Ujian Tulis (UTUL) Sekolah Vokasi Gelombang 2, dapat dilihat di laman um.ugm.ac.id.

Calon mahasiswa diimbau untuk mewaspadai usaha penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yang seolah-olah menjanjikan dapat diterima dengan membayar sejumlah biaya tertentu. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Masrukhi Raih Doktor di UGM Usai Teliti Iklan Media Mesir

Luar Biasa! Anak Kuli Bangunan Ini Diterima di UGM

Anak Penjual Gorengan Ini Diterima Kuliah di FK UGM

Hebat! Tiffani, Anak Penjaga Toko yang Diterima di UGM

Refo, Anak Penjahit yang Diterima Kuliah di UGM

Inilah Amro Monster, Robot Cerdas Buatan Mahasiswa UGM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.