Sabtu, 25 September 21

28 Desa Terkena Proyek Waduk Jatigede, Ganti Rugi Naik Rp200 M

28 Desa Terkena Proyek Waduk Jatigede, Ganti Rugi Naik Rp200 M

Bandung, Obsessionnews – Disusul 28 Desa terkena proyek waduk Jatigede, ganti rugi naik Rp200 miliar. Dana tersebut naik dari sebelumnya Rp 600 miliar menjadi Rp800 miliar dari APBN.

“Yang jelas semuanya minta bulan puasa, mudah-mudahan sebelum lebaran sudah selesai. Momentumnya bagus,” kata Aher.

Ganti rugi itu menurut Aher sengaja dilakukan jelang lebaran, karena  pihaknya akan memberikan uang kerohiman atau kasih sayang. “Ada uang kasih sayang atau kadeudeuh juga,” jelasnya.

Pembangunan Waduk Jati Gede sempat terkendala, karena ada 28 desa di Kabupaten Sumedang yang juga dinyatakan masuk dalam area waduk tersebut.

Pemerintah harus memindahkan hutan seluas 1.300 hektare dan penggantian pohon yang ditebang sebanyak 860.000 pohon, jumlah jiwa  yang menjadi korban proyek tersebut  mencapai 11.469 KK.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ganti rugi lahan warga akibat proyek waduk Jatigede mulai dibayarkan 26 Juni 2015.

Untuk pembayarannya, Kementerian Keuangan juga telah menyetujuinya. Sehingga untuk pengarian waduk juga diprediksi bakal cepat.

“Tanggal 26 Juni sudah mulai bayar. Di Kementerian Keuangan sudah oke. Nggak ada tahapan-tahapan pembayaran” terang Basuki. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.