Kamis, 6 Oktober 22

275 Nama Pengawas Pemilu Dicatut Sebagai Anggota Partai Politik

275 Nama Pengawas Pemilu Dicatut Sebagai Anggota Partai Politik
* Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat jumpa pers di Hotel Borobudur

Obsessionnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mendapati, ada 275 nama pengawas pemilu dicatut sebagai anggota partai politik yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2025 ke KPU RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam jumpa persnya di Hotel Borobudur, Jakarta pusat, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Bawaslu Bakal Bentuk Panwascam dalam Waktu Dekat

“Bawaslu juga mendapatkan ada nama jajaran yang dicatut sebagai anggota dan pengurus partai politik di dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) hingga hari ke-14 tahapan pendaftaran,” ujar pria yang akrab disapa Bagja ini.

Hingga hari ke 14 pada Minggu (14/8), total ada 24 partai politik yang telah dinyatakan terdaftar secara resmi sebagai calon peserta Pemilu 2024. Namun demikian, Bagja mengaku belum dapat mengumumkan partai politik mana saja yang diduga mencatut nama pengawas Pemilu sebagai anggotanya.

Baca juga: Bawaslu Rekomendasikan KPU untuk Perhatikan Pemilih Kelompok Rentan

Pencatutan pengawas pemilu sebagai anggota partai politik ditemukan terbanyak di Papua (57). Mayoritas pengawas pemilu (217) yang dicatut sebagai anggota partai politik berstatus staf, disusul anggota Bawaslu (31), tenaga pendukung (16), ketua Bawaslu (5), bendahara (3), kepala subbagian (2), koordinator sekretariat (1), dan anggota panitia pengawas pemilihan (1).

Bagja mengatakan, data ini diperoleh dari hasil pengecekan mandiri jajaran Bawaslu di tingkat pusat hingga daerah melalui situs infopemilu.kpu.go.id.

Baca juga: Bawaslu Luncurkan Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024

Bawaslu meminta jajaran yang namanya tercatut untuk membuat surat keberatan/pengaduan untuk direkomendasikan kepada KPU agar dicoret dari keanggotaan partai politik.

Sebelumnya, KPU juga mendapati hal serupa dan telah mengumumkan sedikitnya 98 anggota KPU dan personalia sekretariatnya dicatut hingga hari keempat pendaftaran, Kamis (4/8). Ketika itu, baru 11 partai politik yang dinyatakan terdaftar resmi. Jumlah ini diprediksi bertambah secara signifikan seiring bertambahnya partai yang dinyatakan terdaftar menjadi 24. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.