Jumat, 26 April 24

25 Kepala Negara Siap Hadiri Peringatan ke-60 KTT Asia Afrika

25 Kepala Negara Siap Hadiri Peringatan ke-60 KTT Asia Afrika

Jakarta, Obsessionnews – Penanggung Jawab Peringatan ke-60 Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika dan Peringatan ke-10 New Asian-African Strategic Partnertship, Luhut Binsar Panjaitan mengkonfirmasi 25 kepala negara akan hadir dalam penyelenggaraan forum internasional itu.

“Persiapan-persiapan kepala negara yang datang bertambah, lebih dari 25 kepala negara head of state yang akan hadir,” ujar Luhut di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Menurut Luhut, Presiden RRT Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab merupakan orang terbaru yang memberikan kabar kehadiran.

Berdasarkan laporan Utusan Khusus Presiden RI Alwi Shihab, Ibrahim Mahlab diutus Presiden Abdel Fatah Al-Sisi mewakili Mesir. Demikian juga Qatar, akan mengirimkan pejabat sekelas Perdana Menteri.

“Kemarin, Presiden briefing kami di sidang kabinet bahwa PM Shinzo Abe dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan hadir,” kata Luhut.

Sejuah ini persiapan peringatan ke-60 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika dan peringatan Ke-10 New Asian-African Strategic Partnertship telah berjalan baik. Luhut mengaku belum lama ini turun ke lapangan untuk meninjau langsung.

“Tanggal 16 akan gladi bersih di Jakarta dan tanggal 17 nanti di Bandung. Materi sekarang dikerjakan oleh Kementerian Luar Negeri substansi. Saya berharap dalam waktu tidak terlalu lama lagi materinya sudah selesai,” ucap dia.

Kepala Staf Kepresidenan RI itu menegaskan bahwa melalui peringatan KTT Asia Afrika Indonesia ingin menunjukkan kepada dunia internasional mengenai kepemimpinannya. Sejak tahun 1955 Bung Karno telah menanamkan jiwa kepemimpinan yang baik pada negara-negara sahabat.

“Saya terharu juga, tidak terbayangkan 60 tahun lalu Bung Karno bisa menginisiasi satu peristiwa penting, di mana waktu itu telekomunikasi, internet tidak ada. Tapi beliau mampu mengumpulkan 29 negara untuk hadir di Bandung dan mendeklarasikan satu peristiwa yang menurut saya sangat monumental,” ungkapnya.

Peringatan ke-60 Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika dan Peringatan Ke- 10 New Asian-African Strategic Partnertship akan diselenggarakan di dua kota yakni Jakarta dan Bandung, pada 19-24 April 2015 mendatang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.