Selasa, 26 Oktober 21

24 Imigran Gelap Diamankan di Mess TNI AU Soeratno Padang

24 Imigran Gelap Diamankan di Mess TNI AU Soeratno Padang

Padang, Obsessionnews – Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengamankan 24 imigran gelap asal Myanmar dan Bangladesh di perairan Pesisir Selatan saat akan berangkat menuju ke Australia, Kamis (12/2). Setelah sempat dibawa ke Polres Pesisir Selatan, mereka diinapkan di Mess Soeratno, Jl. Raden Saleh No. 6 Kota Padang. Mereka tiba di mess milik TNI AU itu sekitar pukul 18.30 WIB dengan menggunakan bus polisi.

“Mereka ditangkap Polres Pesisir Selatan di perairan Pesisir Selatan sekitar pukul 24.00 WIB saat menunggu tumpangan kapal menuju ke Australia,” kata Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kelas I Padang, Isman Jayadi, Kamis (12/2).

“Berdasarkan pengakuan para imigran, mereka sempat berada seminggu di Sumbar setelah melalui jalan darat dari Medan, Sumatera Utara. Sebelum sampai di Medan, mereka menumpang kapal dari Malaysia,” katanya.

Selama seminggu berada di Sumbar mereka berkumpul di Padang. Saat akan berangkat mereka ditangkap. Kapal yang akan membawa mereka ke Australia diamankan di Pantai Carocok, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang sudah dilengkapi dengan persediaan minyak, logistik, dan pelampung.

Isman mengatakan, 24 imigran tersebut 16 orang di antaranya warga Myanmar dan 8 orang warga Bangladesh. Selain 24 imigran asal dua negara tersebut, dua orang warga negara Indonesia (WNI diamankan di Polres Pesisir Selatan untuk dimintai keterangan, terkait keterkaitan mereka dengan para imigran tersebut.

Sementara itu, salah seorang imigran asal Myanmar, Mahmud Taher (16), mengatakan, ia dan teman-temannya berniat menuju ke Australia untuk mencari pekerjaan akibat negara mereka tidak kondusif untuk mencari kerja. (Musthafa Ritonga)

 

Related posts