Jumat, 23 Oktober 20

Jokowi Ingin Dana Haji Diinvestasikan untuk Sektor Produktif

Jokowi Ingin Dana Haji Diinvestasikan untuk Sektor Produktif

Bogor, Obsessionnews – Presiden Jokowi meminta dana haji yang disimpan dideposito milik Kementerian Agama dikelola untuk sektor produktif seperti pembangunan infrastruktur jalan, tol, pelabuhan,  bandar udara serta perkebunan kepala sawit. Sehingga keuntungan dana tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Tapi kalau hanya taruh di deposito saja nggak usah manajer. Ini yang mau kita bicarakan siang ini sehingga semua dana yang ada betul-betul produktif. Tapi dengan sebuah pruden yang sangat tinggi,” ujar Jokowi saat menggelar rapat di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/2/2015).

Jokowi mengatakan ada negara lain yang memiliki tabungan haji lebih besar dibandingkan Indonesia. Mereka menggunakan dana haji ke berbagai investasi antara lain perkebunan kelapa sawit dan sektor-sektor lain. Dengan begitu keuntungan yang bisa didapatkan jauh lebih besar dibandingkan hanya terparkir di deposito.

“Menterinya ngomong ke saya, Perdana Menterinya ngomong ke saya, kalau di kami 90 persen akan diinvenstasikan pada kebutuhan rakyat yang juga keuntungannya lebih besar,” katanya.

Ia menegaskan, investasi pada pembangunan jalan tol, properti, dan pembangunan pelabuhan hampir tidak pernah ditemui kerugian. Hanya saja, mantan Gubernur DKI Jakarta itu merasa perlu untuk tetap melakukan kajian sebelum memanfaatkan dana haji untuk sektor yang lebih produktif.

“Kalau invetasi di tol, pelabuhan, properti nggak ada dalam sejarah yang rugi. Tapi ini membutuhkan sebuah kajian, penghitungan yang matang,” tambahnya.

‎Kepala Negara menambahkan, pemerintah akan kembali mengidentifikasi lembaga-lembaga yang punya dana besar untuk dialokasikan atau digunakan sementara bagi sektor yang bisa memajukan public dan ditarget akan memberikan keuntungan tidak hanya dana haji saja.

“‎Oleh sebab itu, kita sendiri punya Taspen, BPJS, dana haji, dan ada dana bergulir, saya kira ini sebuah potensi yang besar. Tapi kalau hanya ditaruh di deposito apakah itu betul? Kalau mau aman ya taruh di situ,” tutur Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.