Senin, 29 November 21

21 Ribu Lebih Pemilih Pemula Ikut Putaran Kedua Pilkada DKI

21 Ribu Lebih Pemilih Pemula Ikut Putaran Kedua Pilkada DKI

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekitar 21.020 ribu orang tercatat sebagai pemilih pemula pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Sebagian besar pemilih tersebut baru berusia 17 tahun per 19 April mendatang.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay, data tersebut berasal dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Berdasarkan data tersebut, sebanyak 20.722 merupakan pemilih yang baru berusia 17 tahun. Sementara itu, sebanyak 298 lainnya merupakan warga yang baru saja alih status kependudukan,” kata Hadar, Kamis (9/3/2017).

Hadar menjelaskan, saat ini KPU DKI Jakarta tengah menyusun daftar pemilih sementara (DPS) sebagai permulaan penyusunan DPT. Nantinya, para pemilih pemula tersebut akan masuk dalam DPT putaran kedua Pilkada DKI.

Adapun bahan penyusunan DPS berasal dari DPT pada putaran pertama, DPTb putaran pertama, masukan dari Bawaslu, tim paslon maupun data pemilih pemula dari Kemendagri. Hadar menjelaskan, proses penyusunan DPS tidak dilakukan dengan coklit dari rumah ke rumah seperti pada putaran pertama.

Petugas dari KPU DKI Jakarta hanya melakukan verivikasi data hingga ke tingkat kelurahan atau panitia pemungutan suara (PPS). Proses penyusunan DPS berlangsung pada 6-13 Maret. Setelah 13 Maret, bahan DPS yang sudah terangkum oleh setiap PPS akan ditetapkan menjado DPS. Publikasi DPS akan dilaksanakan pada 28 Maret.

“Setelah nanti dipublikasikan pada 28 Maret, kalau masih ada koreksi, tambahan atau pencoretan akan direkap dan nantinya ditetapkan menjadi DPT pada 6 April,” tambah Hadar.

Sementara itu Sidik menuturkan, warga DKI Jakarta yang berusia 17 tahun hingga hari pencoblosan menjadi salah satu kriteria yang akan dimasukkan sebagai daftar pemilih. Namun, sebelum memasukkan data tersebut, KPU DKI Jakarta akan memverifikasi data kependudukan mereka terlebih dahulu.

Selain pemilih pemula, KPU DKI Jakarta juga melakukan penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb) putaran kedua untuk memastikan data tersebut mutakhir.

“Angka yang sudah ada 7,1 (juta DPT), ditambah DPTb putaran pertama yang 237.000, ditambah pemilih pemula yang 17 tahun itu. Kami validasi lagi apakah nama-nama by name by address itu tidak terdaftar, jangan-jangan sudah ada di DPT putaran pertama,” ujarnya. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.