Minggu, 26 Juni 22

2030, Indonesia Targetkan Bebas Malaria

2030, Indonesia Targetkan Bebas Malaria

A.Rapiudin
Jakarta–  Indonesia menargetkan bebas dari penyakit malaria pada 2030. Setiap tahunnya sesuai tahapan eliminasi, wilayah-wilayah di Indonesia bebas dari malaria, sehingga pada 2030 sudah tidak ada lagi malaria di Indonesia.

Menteri  Kesehatan Nafsiah Mboi pada puncak peringatan Hari Malaria Sedunia di Jakarta,Kamis (25/4), mengungkapkan untuk tahun ini Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu berhasil menjadi wilayah yang bebas malaria. Ia berharap status bebas malaria tersebut bisa dipertahankan di wilayah tersebut.

“Kepulauan Seribu telah menunjukkan bahwa kita bisa mengalahkan malaria,” ujarnya.Atas keberhasilan tersebut, Menkes memberikan sertifikat eliminasi malaria pertama di Indonesia kepada Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pemberian sertifikat itu sebagai bentuk penghargaan atas upaya daerah tersebut bebas dari malaria.

Untuk menyukseskan Indonesia bebas malaria pada 2030 maka program tersebut harus didukung semua, khususnya masyarakat.  Sebab, meski pemerintah mendukung program pencegahan dan penanganan wabah malaria, namun peran pemberantasannya ada di masyarakat. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.