Sabtu, 20 April 24

2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah SOM MABIMS

2020 Indonesia Jadi Tuan Rumah SOM MABIMS
* Sekjen Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan (Foto: Kemenag)

Brunei, Obsessionnews.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah Senior Officials Meeting Menteri-Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (SOM MABIMS) tahun 2020. Keputusan ini disepakati bersama oleh para delegasi dari empat negara dalam sidang SOM yang berlangsung di Brunei Darussalam, Rabu (14/11/2018).

Sidang ini diikuti para delegasi yang diketuai pejabat setingkat eselon I. Delegasi Indonesia diketuai Sekjen Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan.

SOM MABIMS adalah even dua tahunan yang dihadiri menteri-menteri agama keempat negara anggota. SOM MABIMS 2020 di Indonesia akan menjadi gelaran yang ke-19.

Setahun sebelumnya,  akan digelar SOM. Disepakati bersama bahwa SOM 2019 akan digelar di Singapura. Itu merupakan gelaran SOM ke-44.

“Indonesia,  melalui Kemenag siap menjadi tuan rumah SOM ke-45 dan MABIMS ke-19 tahun 2020,” terang M Nur Kholis Setiawan usai mengikuti sidang Mesyuarat Forum Kertas Tema yang membahas bidang kerjasama di Brunei.

M Nur Kholis menilai, SOM MABIMS 2020 bernilai strategis bagi Indonesia untuk terus menggaungkan pentingnya  moderasi beragama dan Islam Wasathiyah. “Kita akan menyampaikan monitoring pelaksanaan wasathiyah sebagai strategi pengarusutamaan faham Islam yang moderat,” jelasnya melalui siaran pers Kemenag.

Indonesia, lanjut M Nur Kholis, akan menghadirkan diri sebagai contoh bagaimana Islam mampu mengikuti perkembangan dan mewujud sebagai rahmat bagi sesama. Kepada forum, Sekjen Kemenag mengusulkan agar pada SOM 2019 di Singapura dan atau SOM MABIMS 2020 di Indonesia, dibahas juga tema yang terkait konsevatisme beragama.

“Selain Islam Liberal, konservatisme juga menjadi isu yang tidak kalah krusial dalam konteks menjaga kehidupan beragama yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

SOM MABIMS 2020 juga akan menjadi milestones sosialisasi implementasi jaminan produk halal (JPH) di Indonesia. Menurut M Nur Kholis, JPH di Indonesia akan mulai diterapkan tahun depan. Isu ini sangat strategis mengingat Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dengan penduduk mayoritas umat Islam.

“JPH menjadi program strategis Indonesia. Banyak negara yang berkepentingan dengan JPH Indonesia. Best practises ini yang akan kami diskusikan bersama pada MABIMS 2020,” tandasnya. (Vina)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.