Senin, 6 Juli 20

2019, Tak Ada BAB Sembarangan di Sumbar

2019, Tak Ada BAB Sembarangan di Sumbar

Solsel, Obsessionnews – Kesadaran masyarakat menjaga kesehatan, masih perlu ditingkatkan. Apresiasi masyarakat terhadap program pemerintah yang menggalakkan jambanisasi dinilai belum maksimal. Masyarakat masih ada yang buang air besar (BAB) di sembarang tempat, karena tidak tersedia Water Closet (WC).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, dari keseluruhan masyarakat Sumbar, sekitar 70% yang sudah memiliki jamban di rumah, dan 30% yang belum memiliki dan itu tersebar di seluruh Kabupaten/ Kota.

“Kita sama-sama berharap tahun 2019, di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) sudah terlihat perubahan yang signifikan atau maksimal agar segera mungkin bisa terlepas dari daerah tertinggal,” kata Nasrul Abit usai pelaksanaan Safari Ramadhan di Mesjid Raya Koto Baru Muara Labuh, Minggu malam (5/6).

Nasrul Abit mengatakan apabila terdapat kekurangan pada APBD, bisa diupayakan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di Solok Selatan agar masyarakat lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan dan masyarakat.

“Diperkirakan untuk pembangunan Jamban di setiap rumah Rp.1,5-2 juta, jadi kami berharap partisipasi CSR apabila terdapat kekurangan anggaran,” ujarnya.

Abit BAB Sumbar-

Namun demikian, Wagub mencarikan solusi lain, yakni akan berbicara langsung dengan DPRD Provinsi, terutama Anggota DPRD Provinsi Dapil Solok Selatan, dan secara bersama kita cari solusi terbaik untuk masyarakat Kabupaten Solok Selatan.

“Harapan saya kedepan kalau tidak bisa 100%, maka 90% kita usahakan karena kita mau Kabupaten Solsel keluar dari Kabupaten tertinggal.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria akan mencoba menganggarkan untuk program tersebut secara bertahap, karena jumlahnya tidak sedikit. Apabila pemerintah setempat tidak bisa menyelesaikan, bupati akan meminta bantuan kepada Provinsi serta Pusat.

“Yang terpenting kami serius dengan program ini, karena sangat bermanfaat dan kami ingin masyarakat di Kabupaten Solsel ini hidup sehat dan sejahtera,” terangnya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.