Selasa, 19 Oktober 21

2017, Debit Air Bendungan Jatigede Capai Ketinggian Maksimal

2017, Debit Air Bendungan Jatigede Capai Ketinggian Maksimal

Sumedang, Obsessionnews – Presiden Jokowi memastikan debit air di bendungan Jatigede, Sumedang telah mencapai ketinggian 40 persen. Kepastian itu diperoleh setelah Presiden Jokowi meninjau langsung dan melihat  panel bendungan tersebut, Kamis (17/3/2016).

“Waduk (Bendungan) Jatigede yang sudah mulai diairi di musim hujan ini, sekarang sudah mencapai 40 persen,” ujar Jokowi kepada wartawan di lokasi.

Bendungan Jatigede yang memiliki luas 5.000 hektar dan ketinggian air maksimal sekitar 260 meter itu sedang dalam pengembangan dan diharapkan pada 2017, ketinggian muka air sudah mencapai titik maksimal.

“Ketinggian air yang kita inginkan diharapkan nanti di Januari 2017, itu sudah maksimal sesuai yang kita inginkan,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan pemanfaatan bendungan Jatigede selain digunakan untuk kebutuhan pengairan sawah dan perikanan, juga akan digunakan untuk mem‎bangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kawasan pariwisata.

“Tahun ini kita selesaikan. Tadi lupa, jadi selain untuk perikanan di sini juga untuk pariwisata, untuk listrik 110 mega watt dan juga untuk pengairan sawah,” tandasnya.

Bendungan Jatigede diresmikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono 31 Agustus 2015. Bendungan ini akan dapat mengairi lahan seluas 90.000 hektar, sekaligus menjadi penyediaan air baku untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Sumedang dan Indramayu.

“Waduk ini sudah direncakan tahun 60an, sudah panjang, alhamdulillah bisa diselesaikan tapi memang problemnya keputusan di pembebasan lahannya terkatung-katung,” kata Jokowi.

Secara nasional, pemerintah telah membangun 13 bendungan pada tahun lalu dan direncanakan 8 bendungan bertambah pada 2016 ini. Presiden berharap dengan semakin banyak bendungan dibangun maka produksi beras petani dapat meningkat.

“Kita harapkan 2017, 2018 selesai semuanya. Kita berharap ada produksi yang meningkat karena sawah yang semakin luas dan semakin banyak,” papar dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.