Jumat, 22 Oktober 21

2015 Penjualan Kendaraan Diprediksi Tumbuh 5 Persen

2015 Penjualan Kendaraan Diprediksi Tumbuh 5 Persen

Jakarta – Didukung dengan peningkatan investasi, anggaran pembangunan infrastruktur dari Pemerintah dan pertumbuhan kelas menengah, Frost and Sullivan memprediksi tahun ini jumlah penjualan kendaraan di Indonesia akan tumbuh sebanyak 5 persen dengan jumlah sebanyak 1.268 juta unit.

Hal itu disampaikan oleh Vice President sektor Otomotif dan Transportasi, Frost & Sullivan Asia Pasifik, Vivek Vaidya dalam keterangan pers di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurut dia, dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini mencapai 5,5 persen, maka besar kemungkinan angka penjualan kendaraan juga akan mengalami peningkatan.

Meski demikian, pihaknya tidak memungkiri bahwa ketidakpastian ekonomi global dapat mempengaruhi perkiraan tersebut. Alasannya, dalam kondisi tertentu produk impor dapat melambung bersamaan dengan melemahnya nilai tukar Rupiah (Rp) terhadap Dolar.

Padahal, sebagaimana diketahui bahwa hingga saat ini rata – rata produk otomotif kendaraan mewah masih didapat secara impor.

“The increase in cost of automotive imports could have a significant impact as high value parts and aggregates are still imported for many models,” ujar dia.

Berbeda dengan mobil kelas menengah keatas, khusus untuk segmen mobil Low Cost and Green Car (LCGC), Vaidya memandang dampaknya tidak akan terlalu besar karena beberapa komponennya adalah produksi lokal

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa dalam 5 tahun ke depan, sektor otomotif Indonesia akan ditentukan oleh lima tema utama yakni LCGC / LEC Program, generasi penerus FTA, fokus pada ekspor, persaingan dari Sektor otomotif Thailand dan Asean Economic Community atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Over the next 5 years, the Indonesian automotive sector will be defined by five key themes – LCGC/LEC Program, the next generation FTAs , focus on exports, competition from the Thai Auto Sector and the evolution of AEC,” terang dia. (Kukuh Budiman)

Related posts