Sabtu, 25 Januari 20

2014, Institusi Negara Jadi Pelaku Pelanggaran KBB

2014, Institusi Negara Jadi Pelaku Pelanggaran KBB

Jakarta – Sebagaimana telah dimandatkan melalui undang undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI bertujuan mengembangkan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan HAM sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Komisioner Komnas HAM, M Imdadun Rahmat menyampaikan komnas HAM juga bertujuan meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM.

“Guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan,” ujar Rahmat dalam konfrensi persnya di Kantor Komnas HAM ,Jl Latuharhari, Jakarta Pusat, Selasa (23/12/2014).

Berdasarkan keputusan Sidang Paripurna, lanjut Rahmat, Komnas HAM juga telah membentuk pelapor khusus untuk memantau upaya negara dalam pemajuan, penghormatan dan pemenuhan Hak atas Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) di Indonesia.

Dia menjelaskan, dari hasil pemantauan pelapor khusus ditemukan bahwa sepanjang tahun 2014 telah terjadi pelanggaran KBB, dalam katagori Forum Internum (Kebebasan Internal) dan dalam katagori forum externum (Kebebasan external).

“Pelaku pelanggaran ini tidak hanya oleh aktor non – negara, tetapi juga oleh institusi Negara, baik berupa tindakan aktif maupun tindakan pembiaran,” pungkas Rahmat. (Pur)

 

Related posts