Kamis, 21 Oktober 21

200 Buruh Gracia Tuntut Upah Sesuai UMP

200 Buruh Gracia  Tuntut Upah Sesuai UMP

Bandung, Obsessionnews – Sekitar 200 buruh PT. Gracia Pharmindo, Rancaekek, Jawa Barat, berunjuk rasa di halaman pabrik tersebut, Senin, (23/2/2015). Menuntut upah yang mereka terima, disesuaikan dengan UMP, sebesar Rp 2,2 Juta.

“Kami diupah perusahannya hanya Rp. 1,6 juta itupun dicicil. Kawan-kawan seperjuangan saat ini kita berkumpul disini untuk memperjuangkan nasib keluarga kita yang tidak diperhatian majikan, bahkan upah yang didapatkan jauh dari layak”, papar Yayat, koordinator aksi, dalam orasinya.

demo2

Kenaikan upah dinilainya tidak mampu mengimbangi kenaikan laju pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

“Harga beras mahal, ongkos angkot mahal, sekolah anak-anak kita butuh biaya dan ditambah dengan adanya pengusaha nakal yang masih menerapkan upah dibawah minimum yang diterapkan Gubernur beberapa waktu lalu yang sangat menyengsarakan kita”, tandas Yayat.

Dengan membentangkan sejumlah poster bertuliskan kecaman terhadap pabrik tersebut, mereka menuntut kepada perusahaan untuk membayar sesuai UMK, karena selama ini mereka mendapat upah jauh dari UMK, selain itu juga mereka menuntut penghapusan kerja kontrak dan penghapusan aturan pemecatan bagi yang tidak bekerja selama lima hari berturut-turut.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian Resort Sumedang, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, karena beberapa saat sebelumya pengunjuk rasa turun kejalan dan memacetkan ruas jalan Bandung-Garut.
Para pengunjuk rasa mengancam akan menggelar aksi serupa hingga dua hari kedepan, apabila pihak perusahaan tidak menanggapi tuntutan mereka.(Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.