Kamis, 3 Desember 20

18 Calon Anggota BPK Ikuti Fit and Proper Test

18 Calon Anggota BPK Ikuti Fit and Proper Test
* Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir. (foto: Fraksipan.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemilihan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menggantikan satu orang anggota BPK yang segera habis masa jabatannya masih terus bergulir.

Sebanyak 18 orang calon anggota BPK mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang telah memperoleh pertimbangan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di hadapan anggota Komisi IX DPR, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir menjelaskan, fit and proper test yang akan berlangsung hingga Rabu (18/4) ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai profil, pandangan atau visi misi jika terpilih sebagai anggota BPK periode 2018-2023.

“Setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan, maka DPR akan memilih satu dari 18 kandidat untuk menggantikan posisi Agus Joko Pramono yang akan habis masa jabatannya pada tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Hafisz menambahkan mekanisme fit proper test setiap calon dalam uji kelayakan dan kepatutan, diberikan waktu 45 menit yang terdiri dari 15 menit pemaparan dan 30 menit sesi tanya jawab. Sementara untuk mekanisme penetapan calon yang terpilih, Komisi XI akan menggunakan mufakat maupun voting pada Rabu (18/4).

“Hasil fit proper test selama tiga hari ini kemudian akan dibawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan , ” katanya.

Untuk diketahui dari 18 nama tersebut DPD RI merekomendasikan 5 calon prioritas kepada DPR. Lima nama calon prioritas ini dipilih berdasarkan raihan ranking tertinggi dari kriteria yang sudah ditetapkan oleh DPR. Adapun kriteria tersebut meliputi integritas, kepemimpinan, visi dan misi, pengalaman serta pendidikan. Kelima nama tersebut adalah Muhammad Syarkawi Rauf, Agus Joko Purnomo, Deddy Supriyadi Bratakusumah, Marwata dan Adil Tobing. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.