Selasa, 30 November 21

18 April Jokowi ke Bandung, Tinjau Gladi Bersih KAA

18 April Jokowi ke Bandung, Tinjau Gladi Bersih KAA

Bandung, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan 18 April mendatang meninjau langsung gladi bersih penyelenggaraan Konferensi (KAA) ke-60 di Bandung. Penegasan ini disampaikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Minggu (12/4/2015),  saat apel Karya Bhakti Massal di lapangan Alun-alun Bandung.

Didampingi Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, usai apel Ridwan Kamil langsung meninjau kerja bakti pemungutan sampah dan pengecatan sekitar 100 bangunan tua dan pembatas jalan. Walikota dan Pangdam juga ikut mengecat pembatas jalan dan berinteraksi dengan relawan KAA.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan kegiatan Karya Bhakti akan dievaluasi, sehingga apabila memungkinkan kegiatan tersebut akan terus dilakukan sebelum gladi bersih. Sementara itu Pangdam III Siliwangi menjelaskan ada 4225 personel pengamanan dari Kodam III Siliwangi.

Termasuk juga Sniper atau penembak jitu sudah dipersiapkan untuk para kepala negara, kepala pemerintahan dan tamu peserta Konferensi Asia Afrika ke-60.

Sementara itu Pangdam Dedi menjelaskan, beberapa gedung tinggi di kawasan jalan Asia Afrika sebagai lokasi peringatan KAA di gedung Merdeka, tempat menginap para tamu serta dekat masjid raya Bandung Jabar menjadi titik para sniper berada.

“Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dan memberikan rasa aman untuk para tamu peserta KAA”, papar Dedi.

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan Polda Jabar sebagai garda pengamanan di tingkat wilayah Kota Bandung dan Jawa Barat. “Panglima TNI sudah memberikan instruksi agar pihak pengamanan di wilayah selalu siap menjaga keamanan para tamu KAA,” tandasnya.

Polda Jabar, menurut Kapolda Jabar irjen Pol Moch. Iriawan, beberapa waktu lalu juga  siap melakukan pengamanan dan mengerahkan sedikitnya 6700 personel, personel tersebut dari Polrestabes Bandung dan apabila masih kurang ada 35 ribu personel Polri dari Polda Jabar yang siap membantu pengamanan tersebut.

“Kita dapat konfirmasi juga, bahwa kepala negara dari Korea Utara Kim Jong-Un akan hadir, ya kabar baik karena Bandung sudah dinilai aman bagi mereka”, ujarnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.