Sabtu, 1 Oktober 22

17 Specialty Coffee Indonesia Siap Warnai Ajang SCAA 2016

17 Specialty Coffee Indonesia Siap Warnai Ajang SCAA 2016
* Ilustrasi kopi.

Jakarta, Obsessionnews – Tidak lama lagi ajang Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 yang digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) pada tanggal 14-16 April 2016 akan segera dimulai. Indonesia mengusung 17 specialty coffee yang merupakan pilihan terbaik dari seluruh daerah penghasil kopi di Indonesia.

Ke-17 specialty coffee yang dipilih secara ketat ini akan menjadi primadona dalam SCAA Expo 2016. Mereka masing-masing telah diuji oleh Caswells Coffee yang lolos kurasi dengan Cupping Score > 85,5, di antaranya jenis Gunung Puntang, Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, dan Java Temanggung. Pada jenis Gunung Puntang mendapatkan skor 86,25 dan menjadi Specialty Coffe Indonesia yang paling diunggulkan.

Pada ajang prestisius SCAA tersebut, Indonesia juga akan tampil pada Lecturer Series dengan menampilkan tiga orang pembicara, yaitu Q Grader Instructor dari Caswells Coffee Resianri Triane, yang akan membahas tema “Revealing the Indonesian Coffee Character and Uniqueness”.

Pembicara kedua adalah petani kopi di Sumatera Utara, Leo Purba, yang berbicara mengenai “Exploring Semi Wash Process and Farmers Challenge in Facing The Global Markets”.

Dan pembicara ketiga adalah mantan Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia Tuti Mochtar yang mengusung tema “Woman in Coffee”.

“Kopi Indonesia yang dinikmati masyarakat dunia akan men-support jutaan petani indonesia yang menjadikan kopi sebagai mata pencaharian mereka. Siklus permintaan domestik yang ikut terdorong juga dapat berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan ekonomi pada sektor kopi dan sector terkait di Indonesia,” kata Menteri Perdagangan Tomas Lembong dalam konferensi pers bertajuk “Celebrating Indonesia as Portrait Country SCAA 2016” di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Jumat (8/4). (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.