Selasa, 16 April 24

69 Pramuka Bandung Ikuti Jambore Internasional di Malaysia

69 Pramuka Bandung Ikuti Jambore Internasional di Malaysia

Bandung, Obsessionnews.com – Sebanyak 69 orang Pramuka Penggalang Kota Bandung akan mengikuti World Scout Jamboree (Jambore Internasional) di Batu Metropolitan Park, Kuala Lumpur Malaysia yang akan berlangsung pada tanggal 23 November – 6 Desember 2016.

Selain itu, 34 Pramuka Penegak dan Pandega Kota Bandung juga akan mengikuti Perkemahan Wirakarya Jawa Barat di Kabupaten Karawang pada 6-12 November 2016 mendatang.

Delegasi Kota Bandung untuk kedua kegiatan tersebut dilepas langsung oleh Wali Kota sekaligus Mabicab Gerakan Pramuka Kota Bandung, M. Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (4/11/2016).

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Dodi Ridwansyah, Pramuka Kota Bandung merupakan barometer Gerakan Pramuka di Jawa Barat dan Nasional.

“Untuk itu, penting bagi Pramuka Kota Bandung untuk mengikuti berbagai kegiatan, baik di tingkat daerah, nasional, dan internasional,” terang Dodi.

rk-pramuka-2

Perkemahan Wirakarya Jawa Barat merupakan kegiatan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan besar yang bertujuan untuk mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat, sebagaimana yang tersirat dalam Tri Satya dan Dasa Dharma.

Sementara itu, Jambore Internasional merupakan wadah pembinaan dalam bentuk perkemahan besar bagi pramuka tingkat penggalang (usia 11-15 tahun) yang dilaksanakan oleh The Scout Association of Malaysia.

Ridwan Kamil mengatakan, Pramuka Kota Bandung harus menjadi teladan. Ia menghimbau kepada para Pramuka yang akan melaksanakan kegiatan agar menjaga nama baik Kota Bandung.

rk-pramuka-3

“Tunjukkan di Kuala Lumpur adik-adik adalah kebanggaan. Kita buktikan Pramuka Kota Bandung adalah pramuka yang berkelas dunia. Jaga sikap kedisiplinan dan kekompakan. Kalahkan mereka yang meremehkan kita, bukan dengan ucapan tapi dengan prestasi dan nama harum,” pesan Ridwan.

Ia menginginkan agar para pramuka bisa mendapatkan pembinaan yang baik agar mampu terjun ke masyarakat untuk membantu hal-hal yang memotivasi masyarakat.

Kedepannya, Ridwan mengatakan sedang menyiapkan gedung Pramuka yang representatif di wilayah Gedebage.

“Kita perjuangkan Pramuka punya gedung modern sendiri. Ini komitmen dari kami, tolong diimbangi dengan prestasi yang layak diapresiasi,” pungkas Wali Kota. (Dudy Supriyadi)

rk-pramuka-4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.