Jumat, 27 Mei 22

16 Orang Anggota PP Ditetapkan Tersangka Atas Perusakan Kantor GMBI di Gombong

16 Orang Anggota PP Ditetapkan Tersangka Atas Perusakan Kantor GMBI di Gombong
* Polres Kebumen menggelar rilis pengungkapan kasus penyerangan kantor GMBI oleh Pemuda Pancasila di Gombong. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Polres Kebumen, Jawa Tengah telah melakukan gelar perkara atas kasus penyerangan kantor Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Gombong, Kebumen oleh ormas Pemuda Pancasila (PP) pada Senin (23/8/2001) kemarin.

Setidaknya ada 75 anggota PP telah diamankan oleh kepolisian guna dimintai keterangan. Dari jumlah itu, polisi baru menetapkan 16 tersangka. Mereka dinilai terbukti melakukan perusakan terhadap kantor GMBI dan sejumlah mobil milik para anggota GMBI yang terpakir di markas GMBI Gombong.

“Terkait hal tersebut selama kurang lebih 1×24 jam, kita berhasil mengkrucutkan 16 orang yang diduga melakukan tindak pidana kekerasan berupa pengurusakan kantor GMBI di Gombong,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama di Kantor Polres Kebumen, Selasa (24/8).

Barang bukti yang telah diamankan antara lain, puluhan kayu, ada juga senjata tajam, batu, video pengrusakan, pecahan kaca mobil, baju GMBI serta keterangan dari para saksi- saksi. Polisi masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap 75 orang anggota PP yang telah diamankan.

“Sejauh ini baru 16 tersangka, kemungkinan bertambah kita masih belum tahu. Karena proses pemeriksaan masih berlanjut,” tutur Kapolres.

Polisi masih menaksir berapa kerugian akibat penyerangan tersebut. Yang pasti kata Kapolres bahwa peristiwa ini merupakan tindak pidana murni karena jelas ada pengrusakan yang dilakukan oleh ormas PP. Akibatnya kantor GMBI mengalami kerusakan, termasuk 5 mobil juga rusak parah.

“Ini adalah tindak pidana murni, barang buktinya sudah cukup jelas. Jadi kami akan menindak ini secara profesional sesuai UU yang berlaku,” jelas Kapolres.

Diketahui, bahwa pada Senin (23/8) siang sekitar pukul 12-13 WIB, puluhan anggota PP menggruduk kantor GMBI di Gombong dan langsung melakukan pengrusakan kantor serta mobil. Dari penyerangan itu, dua anggota GMBI juga mengalami luka ringan.

Pemicu dari penyerangan ini terjadi karena adanya gesekan atau pemukulan yang dilakukan oleh anggota PP terhadap salah seorang pemuda yang kemudian yang bersangkutan mendapatkan pendampingan hukum dari GMBI, dan melaporkan kejadikan tersebut ke polisi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.