Rabu, 22 Maret 23

16 Mobil Penyapu Jalan Disiapkan Jelang KAA

16 Mobil Penyapu Jalan Disiapkan Jelang KAA

Bandung, Obsessionnews – Jelang Konferensi Asia Afrika (KAA) dipersiapkan 16 mobil penyapu jalan oleh Pemerintah Kota Bandung. Hal ini dijelaskan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat mencoba mobil tersebut, Jumat (10/4). Pada peringatan KAA, mobil penyapu  jalan ini juga akan berada di ring 1 dan ring 2 untuk membersihkan di titik tersebut.

“Mobil ini di ring 1 dan 2 akan terus muter- muter membersihkan di titik tersebut  hingga sampai penyelenggaraan KAA nanti,” ucap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, usai ujicoba mobil penyapu jalan dengan mengitari  Balai Kota Bandung dimulai dari Jalan Wastukancana hingga ke Jalan Merdeka Bandung.

Mobil penyapu jalan2

Selain jelang KAA, pada penilaian Adipura pengadaan mobil penyapu jalan ini menjadi salah satu penilaian untuk  masuk final dan verifikasi. “Target menang Adipura sebenarnya tahun depan, tapi kalau bisa hari ini, Alhamdulillah,” ucap Kang Emil.

Ia pun menilai uji coba tersebut dilakukan agar  mobil penyapu jalan dapat dioperasikan dengan baik. Sehingga mampu menjadi pendamping petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungan Kota Bandung. “Jadi mobil penyapu jalan ini sebagai jawaban peningkatan infrastuktur di Bandung,” ujarnya.

Mobil penyapu jalan3

Cara menjadikan Kota Bandung bersih adalah dengan merubah kultur seperti adanya gerakan pungut sampah dan peningkatan infrastuktur dari  mobil penyapu jalan ini. “Dengan adanya regulasi kebersihan, pemberlakuan denda serta adanya  infrastuktur merupakan upaya agar Kota Bandung bersih,” ungkap Walikota Bandung.

Idealnya, menurut Kang Emil, satu kecamatan memiliki satu mobil pembersih jalan, sehingga setiap Camat dapat bergerak dengan jajarannya untuk membersihkan wilayahnya kapan saja.

Mobil penyapu jalan4

Menurutnya pula, pengadaan16 mobil penyapu jalan ini berasal dari APBD 2015. “Pengadaan unit mobil penyapu jalan ini berasal dari APBD murni 2015 dan membelinya menggunakan lelang online” tandasnya. Mobil penyapu jalan ini dipeoduksi  Skotlandia dan Italia. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.