Minggu, 3 Juli 22

Atasi Gepeng, Kemensos Siapkan Hunian Tetap

Atasi Gepeng, Kemensos Siapkan Hunian Tetap
* Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa prihatin melihat banyaknya gelandangan dan pengemis (gepeng) setiap Ramadhan dan menjelang Lebaran. Gepeng itu umumnya pendatang dari daerah ke kota-kota besar.

Untuk menangani permasalahan tersebut, menurut Khofifah, Kemensos telah menyiapkan hunian tetap bagi Gepeng sebagai bentuk penanganan jangka panjang terhadap mereka.

“Kemsos pada posisi menyiapkan hunian tetap. Jadi kita tidak sekadar hit and run saja, merazia mereka, tapi kita kembalikan ke daerah asal dan di sana kita buat hunian tetap,” kata Mensos, Kamis (16/6/2016).

Menurut Khofifah, penanganan gepeng tersebut direalisasikan lewat program Desaku Menanti. Pemerintah daerah menyediakan lahan dan Kemensos yang menyediakan hunian tetap termasuk fasilitas umum dan sosial sesuai dengan indeks yang ada.

Beberapa daerah yang sudah menerapkan program tersebut yaitu Kota Malang, Yogyakarta, Pasuruan dan Padang. (Baca: Mensos Prihatin Tiap Ramadhan dan Jelang Lebaran Marak Pengemis)

“Mereka diberi pelatihan keterampilan bahkan sudah punya produk dan dikenalkan ke pasar, jadi harapannya mereka tidak kembali lagi ke jalan,” jelasnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, Gepeng perlu ditangani secara permanen dan butuh kerja sama dengan pemerintah daerah asal. Harapannya, mereka tidak lagi pergi ke kota-kota besar untuk mengemis.

“Intinya perlu bergandengan tangan semua pihak, termasuk pemuka agama. Juga perlu keteladanan ‘tangan di atas lebih mulia daripada tangan di bawah’, sehingga ketika nanti ditanya amalnya di akherat yang akan menjawab itu bukan mulut tetapi tangannya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pengemis bernama Arif Komady diamankan oleh petugas Satpol PP saat dilakukan razia terhadap Gepeng di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Setelah diperiksa, ternyata dia pengemis palsu yang sengaja meminta-minta. Bahkan setelah diperiksa lebih lanjut, pengemis itu memiliki satu unit mobil dan kartu kredit. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.