Minggu, 19 September 21

13 Penjabat Bupati/Walikota di Sumbar Belum Ditunjuk

13 Penjabat Bupati/Walikota di Sumbar Belum Ditunjuk

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) belum menentukan penjabat sementara (Pjs) yang akan mengisi kursi bupati/walikota sementara masa tugasnya akan berakhir sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak digelar 9 Desember 2015.

Jelang Pilkada serentak dilaksanakan, 13 kepala daerah di Sumbar termasuk gubernur akan berakhir. Dari 13 daerah yang melaksanakan pilkada serentak, masa jabatan kepala daerah bersangkutan berakhir rata-rata berkahir bulan Agustus mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumbar, Ali Asmar mengatakan, kewenangan untuk menentukan PJ kepala daerah berada di tangan Gubernur. Dalam waktu dekat Gubernur akan menunjuk Pj yang akan mengisi kursi bupati walikota, terutama tiga kepala daerah yang akan berakhir awal Agustus 2015.

Ali Asmar mengatakan, di bulan Agustus terdapat tiga Bupati/Walikota yang akan habis masa jabatannya yaitu Bupati, Solok, Dharmasraya dan Walikota Bukittinggi. Masa jabatan kepala daerah itu berakhir masing-masing pada 2 Agustus dan 12 Agustus serta 13 Agustus 2015.

“Untuk tiga kepala daerah itu, Pj nya ditunjuk oleh Gubernur. Sementara Pj yang lain yang menunjuk Pj Gubernur, karena masa jabatan gubernur sudah berakhir 15 Agustus 2015,” kata Ali Asmar saat ditemui di ruangannya Selasa (26/5).

Ali Asmar mengatakan, penunjukan pejabat daerah yang akan dijadikan Pj harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Sejumlah pertimbangan yang menjadi penilaian, Pj yang akan mengisi kekosongan kepala daerah adalah pejabat eselon II yang berpengalaman di bidang pemerintahan.

“Mereka bisa dari pejabat eselon II kabupaten/kota dan tidak mesti pejabat eselon II dari pemerintah Provinsi. Yang terpenting ia berpengalaman di bidang pemerintahan,” sebut Ali Asmar.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Mardi mengatakan, sebelum masa jabatan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berakhir pada 15 Agustus 2015, ia tetap berwenang menunjuk langsung tiga PJ, masing-masing Kabupaten Solok, Dharmasraya, dan Bukitinggi.

Sedangkan untuk Pj 10 daerah lain yang masa jabatannya berakhir setelah tanggal 15 Agustus 2015, ditunjuk oleh Pj Gubernur yang menggantikan Irwan Prayitno. 10 daerah yang Pj nya ditunjuk oleh Pj Gubernur antara lain, Kabupaten Solok Selatan, Pasaman Barat, Pasaman, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, dan Limapuluh Kota. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.