Selasa, 29 September 20

Tahu Gejrot Kebagusan, Pedasnya ‘Nampol’

Tahu Gejrot Kebagusan, Pedasnya ‘Nampol’
* Tahu Gejrot Ragunan Kang Bayu di Jl Raya Kebagusan 4 selalu ramai pembeli.

Jakarta, Obsessionnews – Anda pecinta kuliner pedas? Pastikan Anda tak melewatkan kesempatan untuk mencicipi Tahu Gejrot Kebagusan. Dengan tagline ‘nagih banget pedasnya’, rasa pedas tahu gejrot ini benar-benar nampol!

Sesuai namanya, tahu gejrot ini bisa Anda dapatkan di kawasan Jl Kebagusan Raya 4, Jakarta Selatan. Tepat di seberang sebuah masjid besar, pedagang tahu gejrot ini mangkal di sebuah area jajanan.

“Mas nanti setelah Mbak jilbab merah itu ya…” ujar si pedagang.

Tahu Gejrot - 2Saat Obsessionnews datang ke pangkalan tersebut pada pukul 4.30 sore, sudah ada 15 antrean. Sementara pembeli yang tengah menikmati tahu gejrot lebih banyak dari itu.

Kebanyakan pembeli berpakaian rapi dan merupakan karyawan kantor yang hendak pulang atau sengaja datang ke tempat itu.

“Saya biasa mangkal mulai jam tiga sore. Tutupnya ya kalau dagangan habis,” ujar pedagang itu, yang jika dilihat dari spanduk, kemungkinan bernama Kang Banyu.

Jika melihat spanduk yang tergantung di depan pangkalan, tertulis Tahu Gejrot Ragunan “Kang Banyu”. Usut punya usut, sebelum berjualan di jalan Kebagusan, Kang Bayu yang asli Cirebon Girang itu pernah mangkal di pintu Ragunan.

Untuk melayani sekian banyak pelanggan, Kang Banyu melakukannya sendiri. Mulai dari menerima pesanan, menentukan antrean, membuat racikan tahu gejrot, memberikan pesanan sampai transaksi pembayaran.

Setiap membuat satu porsi tahu gejrot, selain memasukkan bawang merah dan bawang putih, Kang Banyu juga memasukkan segenggam cabai rawit hijau. Ini rupanya yang membuat tahu gejrot ini luar biasa pedas.

Dengan cekatan ia mengulek tiga bahan tadi di atas piring tembikar. Setelah selesai, hasil ulekan itu disiram dengan kuah khas tahu gejrot.

Kang Bayu sedang membuat tahu gejrot.
Kang Bayu sedang membuat tahu gejrot.

“Wah, ini rasa pedasnya nampol banget, Mas,” kata seorang pelanggan kepada kami. Berkali-kali ia terlihat minum air mineral.

Ketika pesanan sudah selesai, tak sabar, kami pun langsung mencicipinya. Dan, benar saja. Rasa pedas langsung ‘menampar’ lidah kami.

Meski pedas, ada sensasi lain yang kami rasakan. Rasa pedas itu bercampur dengan rasa bawang putih yang membuat badan segar. Sensasi lainnya, pedasnya yang nampol itu bisa membuat mata Anda langsung terbuka.

Anda pun tak perlu merogoh kantung dalam-dalam. Harga tahu gejrot Kebagusan ini cukup murah, hanya 8 ribu rupiah perporsinya.

Anda mau coba? Siapkan saja keberanian Anda untuk menghadapi tantangan pedas tahu gejrot ini! (Fath@imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.