Minggu, 3 Maret 24

116 Balon Ramaikan Pilkades Serentak di Subang

116 Balon Ramaikan Pilkades Serentak di Subang

Subang, Obsessionnews – Sebanyak 34 desa akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Subang pada 20 Desember 2015 mendatang. Panitia Kabupaten menyebutkan telah masuk 116 bakal calon (Balon) Kades. Namun 13 balon diantaranya tertunda karena harus melengkapi persyaratan administratif.

Menurut Asisten Tata Praja Kab Subang, Asep Nuroni yang juga Ketua Panitia Kabupaten memberikan kesempatan untuk melengkapi persyaratan selama 20 hari sejak ditutupnya pendaftaran. “Mereka bukan gagal, hanya tertunda saja diberikan kesmepatan 20 hari. Kalau sudah lengkap bisa langsung masuk sebagai Bakal Calon,” kata Asep kepada obsessionnews.com di ruang kerjanya, Jum’at (6/11/2014).

Ketika ditanya kemungkinan kendala dalam tahapan Pilkades, Asep menyebutkan diantaranya ialah multitafsir aturan dan model kampanye yang dilaksanakan di masing-masing desa. Untuk kemungkinan multitafsir pada aturan, pihaknya akan menyerahkan kepada pendapat hukum.

Walaupun upaya mempersamakan persepsi telah diberikan saat sosilisasi. “Itu sudah kami berikan dalan sosialisasi. Apabila tetap ada multitafsir maka akan kami kembalikan kepada pendapat hukum ke pengadilan nanti pengadilan yang memberikan fatwa,” papar Asep.

Kemudian mengenai model kampanye Calon Kades, kata Asep diserahkan kepada masing-masing Kearifan Lokal selama selaras dengan aturan yang ada. Muatan-muatan lokal yang sifatnya meminimalisir masalah dan sebagai bentuk improvisasi gagasan menambah keharmonisan dan kelancaran serta kesuksesan penyelenggraan acara.

“Misalnya di suatu desa ingin menyelenggarakan Kampanye Dialogis, itu bagus apalagi untuk membuka diri para calon dihadapan pemilihnya,” paparnya lagi.

Mengenai fenomena perjudian di dalam kegiatan Pilkades, kata Asep memang sulit dihindarkan. Karena menurutnya perjudian tetap sebagai hal yang tidak baik. Maka dari itu pihaknya akan menyerahkan kepada aparat kepolisian. Terlebih Polres Subang akan bertindak tegas pada pelaku Perjudian pada kegiatan Pilkades.

“Saya sangat apresiatif kepada Kapolres Subang yang akan menindak tegas pelaku perjudian dalam Pilkades,” pungkasnya.

Guna mengamankan Pilkades Serentak, kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Asep Setia Permana menyatakan akan menurunkan kekuatan sekitar 300 personil yang disebar ke 34 desa. (Teddy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.