Kamis, 21 Oktober 21

11 WNA Dideportasi ke Tiongkok

11 WNA Dideportasi ke Tiongkok
* Walikota Singkawang H. Awang Ishak

Singkawang, Obsessionnews – sebanyak 11 warga negara asing (WNA) asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dideportasi ke negara asalnya, Rabu (25/3). Sebelumnya mereka diamankan oleh pihak Imigrasi Kelas II Kota Singkawang dari lokasi tambang zirkon di Kecamatan Capkala, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kepala Kantor Imigrasi kelas II Singkawang Amir Fatah menjelaskan proses deportasi dilakukan sejak seminggu yang lalu. “Para WNA itu diberangkatkan melalui Kota Pontianak ke Jakarta, dan dari Jakarta diterbangkan lagi menuju ke Tiongkok,” katanya kepada obsessionews.com, Kamis (26/3).

Mayoritas penduduk Singkawang atau 60 persen beretnis China
Mayoritas penduduk Singkawang atau 60 persen beretnis Tiongkok

IMG_4040

“Dari 11 orang yang dideportasi, 8 orang berasal dari Kota Xianmen dan 3 orang berasal dari Kota Hongkong”, tambahnya

Menurutnya, kesebelas orang WNA tersebut dalam Kondisi baik dan sehat. WNA yang diamankan tersebut diamankan karena melanggar Undang-undang keimigrasian karena bekerja di sebuah perusahaan tambang milik PT Mega Permata Karya Sukses.

“Para WNA tersebut menggunakan visa kunjungan untuk bekerja di perusahaan tambang tersebut, yang seharusnya tidak diperbolehkan menurut Undang-undang keimigrasian,” ujarnya

Di tempat terpisah Walikota Singkawang H. Awang Ishak menyebutkan dalam lima tahun terakhir Singkawang menjadi surga bagi para wisatawan mancanegara, khususnya dari Tiongkok, untuk berkunjung ke Singkawang. Dipilihnya Singkawang menjadi tempat persinggahan karena kesamaan budaya yang mayoritas penduduk Singkawang atau  60 persen beretnis  Tiongkok. Dan Singkawang juga dikenal dengan sebutan Kota Seribu Kelenteng dan Kota Amoy.

Menurutnya, di samping kesamaan budaya, Singkawang juga dikenal dengan sebutan Kota Pariwisata, karena dikelilingi oleh daerah lintasan panjang, gunung, dan perbukitan.

“Singkawang bisa disejajarkan dengan Bali sebagai daerah pariwisata nasional. Saat ini pariwisata Singkawang menjadi nomor satu di Kalbar dengan tingkat kunjungan terbesar,” kata Awang kepada obsessionnews.com, Kamis (26/3).

Saat ini pariwisata Singkawang sedang berbenah dengan pengembangan fasilitas pariwisata kelas dunia, seperti pengembangan hotel, resort, tempat pemancingan, taman bunga, taman burung, Kolam ikan, sirkuit balapan motor dan mobil, dan paralayang. (Ahmad Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.