Selasa, 16 April 24

11 Kecamatan Serentak Lakukan Sholat Gerhana

11 Kecamatan Serentak Lakukan Sholat Gerhana

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bersama 11 kecamatan secara serentak melaksanakan sholat gerhana matahari yang dilaksanakan pada Rabu (9/3). Setiap kecamatan menetapkan satu tempat pelaksanaan sholat diluar pelaksanaan sholat di Mesjid Raya Sumbar.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pelaksanaan sholat di Mesjid Raya Sumbar dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sedangkan di setiap kecamatan ditetapkan di salah satu mesjid yang ada di kecamatan tersebut.

“Pelaksanaannya kita laksanakan secara serentak hari Rabu besok. Warga juga kita harapkan ikut melaksanakan sholat secara bersama-sama,” kata Mahyeldi Ansharullah kepada obsessionnews.com usai pembukaan Musabawah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Koto Tangah di Kelurahan Pasia Nantigo, Selasa (8/3).

Mahyeldi mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang melaksanakan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar mulai pukul 06.30 Wib.

“Gerhana merupakan bukti keagungan dan kebesaran Allah, sehingga jika terjadi gerhana, disunnahkan untuk melaksanakan shalat dan memperbanyak istighfar,” kata Mahyeldi.

Sebelas tempat pelaksanaan shalat gerhana di setiap kecamatan, masing di Masjid Raya Sumbar, Masjid Sahara kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat dengan khatib dan imam Drs. H. Muslim Hamid, MHi. Kemudian di Masjid Muhammadiyah, Tanjung Saba, Lubuk Bagaluang. Masjid Raya Surau Gadang, Kelurahan Surau Gadang, Nanggalo.

Di Kecamatan Padang Timur, pelaksanaan shalat gerhana dilakukan di Masjid Raya Ganting. Di Padang Selatan, shalat gerhana dilakukan di halaman Komplek SDN Pasa Mudiak dengan khatib Buya Arman Sutan dan Yassiruddin sebagai imam.

Shalat gerhana juga dilaksanakan di Kecamatan Pauh yang dipusatkan di Masjid Al Muttaqin, Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tangah. Bertindak sebagai imam yakni Camat Pauh, Wardas Tanjung. Sedangkan khatib yakni Zul Asfi Lubis. Di Kecamatan Kuranji, shalat gerhana dilakukan di Masjid An Nur, Lolong Karan, Sungai Sapih.

Di Lubuk Kilangan, shalat gerhana dilakukan di Masjid Muthathahirin, Banda Buek. Di Kecamatan Koto Tangah dilakukan di Masjid As Sa’adah, Kelurahan Batang Kabung, Ganting. Sedangkan di Bungus Teluk Kabung, shalat dilaksanakan di Masjid Nurul Yaqin Muhammadiyah, dengan khatib Enmar Dahar. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.