Senin, 27 Juni 22

11 Daerah Otonom Baru Diresmikan

11 Daerah Otonom Baru Diresmikan

Prattama

Jakarta-Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meresmikan 11 daerah otonom baru di Gedung C Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Senin (22/04/2013). Ke-11 daerah otonom baru itu adalah Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Utara, Kab. Pangandaran (Jabar),Kabupaten Pesisir Barat (Lampung), Kab. Manokwari Selatan (Papua Barat), Kab. Pegunungan Arfak (Papua Barat), Kab. Mahakam Ulu (Kalimantan Timur), Kab. Malaka (NTT), Kab. Banggai Laut (Sulteng), Kab. Pulau Tali Abu (Maluku Utara), Kab. Penukal Abab Pematang Ilir (Sumatera Selatan), Kab. Kolaka Timur (Sulawesi Selatan).

Selain membentuk 11 daerah otonom baru, Mendagri juga sekaligus melantik 10 Bupati dan 1 Gubernur baru yang akan memimpin masing – masing daerah tersebut.

“Penetapan pejabat kepala daerah diusulkan oleh smua kepala daerah asal, dan gubernurnya,” ujar Gamawan

Gamawan mengatakan, para penjabat kepala daerah ini akan bekerja selama masa bakti 1 tahun dan dapat diperpanjang, serta memiliki tugas untuk mempersiapkan infrastruktur pemerintahan. Sementara menurut dia, pemerintah baru akan menerapkan pilkada untuk 11 daerah otonomi baru ini pada 2015 setelah terbentuknya DPRD.

Untuk penyerapan pegawai negeri sipil (PNS), Gamawan berujar agar pendaftaran jangan dibuka dahulu, untuk saat ini kebutuhan PNS akan mengambil dari daerah asal pemekaran.  “Saya minta jangan dulu (angkat pegawai), karena itu akan dipindahkan dari induk dan dari propinsi. Jadi, jangan menambah-nambah PNS baru dulu karena pesan saya kan harus efisien kan struktur dan jangan terlalu besar,” jelasnya. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.