Jumat, 26 April 24

1000 Santri Ikut Bela Negara

1000 Santri Ikut Bela Negara

Surabaya, Obsessionnews – KRI Banda Aceh berlabuh di Pangkalan Komando Armada Timur (koarmatim), Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 1000 santri seluruh indonesia sedang melakukan pelayaran Bela Negara. Pendidikan Bela Negara tersebut dilakukan di kapal perang maupun di kota tempat persinggahan.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, mengatakan, pelayaran bela negara efektif untuk menangkal derasnya arus globalisasi tanpa batas ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Santri dibekali ilmu pengetahuan tentang kemaritiman dan TNI AL selama mengarungi samudra.

“Efek dari era globalisasi adalah batas negara semakin kabur karena semakin canggihnya teknologi, apalagi arus barang dan manusia yang semakin gencar. Oleh sebab itu, dengan adanya pelayaran santri memupuk rasa cinta tanah air sehingga bisa terus menerus menjaga keamanan dan ketertiban Indonesia,” terangnya di Pangkalan Koarmatim Surabaya, Senin (23/11/2015).

santri bela negara

Pelayaran santri bela negara dimulai tgl 20-26 November dengan menggunakan KRI Banda Aceh yang mengangkut 1.000 santri yang berasal dari seluruh pelosok tanah air. Pada kesempatan tersebut Wagub turut didampingi Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangamartim) Laksamana Muda TNI Darwanto.

Gus Ipul menambahkan, ini sebagai simbol penolakan anggapan mengenai madrasah dan pondok pesantren (ponpes) menjadi ladang teroris. Pesantren merupakan tempat jutaan santri mencari ilmu tentang. Hanya satu sampai dua orang saja yang menjadi teroris, hal tersebut dikarenakan salah dalam mengamalkan ilmu yang diterima.

“Hal tersebut melenceng jauh dari ajaran agama. Jadi, adanya teroris tidak bisa digeneralisir. Sebagian besar ponpes yang ada di Indonesia menjaga NKRI dan hal tersebut harus diberikan dukungan,” ungkapnya. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.