Selasa, 24 Mei 22

1.000 Buruh Demo di Gedung Sate, Desak Upah Naik dan Hapus Tax Amnesty

1.000 Buruh Demo di Gedung Sate, Desak Upah Naik dan Hapus Tax Amnesty
* Demo buruh menuntut penghapusan tax amnesty di Bandung.

Bandung, Obsessionnews.com – Sekitar 1.000 buruh menggelar demo di depan Gedung Sate Bandung menuntut pencabutan PP 78/2015 tentang pengupahan dan menolak pengampunan pajak atau tax amnesty. Buruh yang tergabung dalam KSPI, KSPSI, KSBSI serta sejumlah elemen lainnya berdatangan sejak pagi, Kamis (29/9/2016) hingga sore hari.

Menurut buruh, pemerintah seharusnya mengevaluasi 12 paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan dalam mengatasi perlambatan ekonomi tahun 2015 termasuk paket IV kebijakan ekonomi yang memuat PP 78/2015 tentang pengupahan telah gagal total, hal ini ditandai dengan indikator ekonomi yang dicapai setelah dikeluarkannya paket kebijakan tersebut antara lain pertumbuhan ekonomi 2016 hanya 4,92 % akibatnya angka pengangguran terus meningkat, daya beli masyarakat menurun berimbas pada penerimaaan pajak Rp364 triliun (26,6%) dari target Rp1.360,2 triliun, utang negara terus meroket dan menembus Rp4.300 triliun.

demo-buruh-gedung-sate-4
Selain menuntut penghapusan tax amnesty, para burruh juga menuntut kenaikan upah.

demo-buruh-gedung-sate-3

demo-buruh-gedung-sate-2

“Selain itu dengan adanya Tax Amnesty yang pada dasarnya pajak bersifat memaksa sesuai amanah UUD’45 pqsal 23 A, karena sifatnya yang memaksa maka bagi mereka yang mengemplang pajak harusnya diberi sanksi, bukannya malah diampuni,” ujar orator di atas mobil komando.

“Allahu Akbar!” pekik pendemo menyuarakan aksinya menyebutkan pasal 2 dan 3 UU Tax Amnesty menyatakan setiap wajib pajak berhak mendapatkan pengampunan pajak telah melanggar UU’45 dan memperlihatkan ketertundukan negara dihadapan para pengemplang pajak.

Selain itu para buruh juga menuntut adanya kenaikan upah Rp650 ribu per bulan, karena selama ini gaji para buruh dengan kisaran Rp2,4-2,6 juta/bulan tidak cukup dan akhirnya banyak hutang, akibat aksi buruh ini jalan sepanjang 300 meter depan gedung sate Bandung ditutup dan dialihkan ke beberapa ruas jalan. (Dudy Supriyadi)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.