Jumat, 24 September 21

Bio Farma Pulihkan Domba Garut yang Terancam Punah

Bio Farma Pulihkan Domba Garut yang Terancam Punah
* Herry

Bandung, Obsessionnews – PT Bio Farma menggelar CSR berupa pemulihan domba Garut, bertempat di Kampung Wanajaya Wanaraja, Garut, Jawa Barat.  “Kita ingin mengembalikan Garut sebagai daerah penghasil domba Garut,” kata Direktur CSR PT Bio Farma, R Herry, saat buka puasa bersama anak yatim, Jumat (3/7).

Herry menjelaskan, pemulihan domba Garut bekerjasama dengan Pemprov Jabar, BPPT dan Ristek, sehingga Ipteknya dijalankan oleh Kemenristek beserta profesor dari BPPT yang menggarap teknologi tentang hewan domba. Termasuk pelatihan pertanian, domba yang diuji-cobakan sebanyak 20 domba betina dan 5 ekor domba pejantan, yang juga dilakukan di Cisarua Lembang.

Peran Bio Farma sebagai motivator, domba yang ditangkarkan baik pedaging ataupun domba adu. “Saat ini kan krisis domba, sehingga domba betina dijual murah,” ucapnya.

Sekarang domba tersebut berkembang menjadi 76 ekor yang dikembangkan 1 kelompok. “Anggaran program CSR secara total mengalami kenaikan di tahun 2015 ini menjadi 27 miliar rupiah,” jelas Herry.

Sementara itu pada acara Bio Farma buka bersama 100 anak yatim dari 9 Panti Asuhan se-Bandung Raya dihadiri  Ustadz Aam Amiruddin dan Ustadz Buya Gusrizal Gazahar yang membawakan tausiyah dengan tema “Kepedulian terhadap Lingkungan dan Kesehatan Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Umat”.

Di samping tausiyah Ramadhan, dalam kegiatan ini, Bio Farma menyerahkan paket bantuan pendidikan dan kesehatan kepada 100 anak yatim dari Sembilan panti asuhan yang berasal dari daerah Bandung dan sekitarnya. Penyerahan Bantuan peningkatan pendidikan dan kesehatan berlangsung di mesjid Annur PT. Bio Farma.

Penyerahan bantuan secara simbolis berupa bantuan untuk anak yatim kepada 9 orang perwakilan dari panti asuhan Nurul Falah Cigending Ujungberung Bandung, Saidah Anwar Cimareme Kab. Bandung Barat, Darul Inayah Cisarua, Lembang, Lentera Kasih Bangsa Tanimulya, Al Ikhlas Cimahi Utara, Hikmatun Hayat Cinunuk Cileunyi Kab. Bandung, Ummul Yatim Cigugur, Bahagia Margaasih dan Nurul Falah Binong Jati.

Simbolis bantuan untuk peningkatan pendidikan dan kesehatan akan diserahkan oleh Direktur SDM Bio Farma Andjang Kusumah kepada 9 anak.

Acara tersebut juga diisi suguhan lagu lagu religi oleh Bio Nada dan Vavo sampai menunggu berkumandang Adzan Magrib. Sebelumnya diisi pula program Damai Indonesiaku yang disiarkan langsung TV One. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.