Kamis, 25 April 24

10 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Seks

10 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Seks
* ilustrasi hubungan suami istri

Manfaat seks meluas melampaui kamar tidur. Seks tidak hanya terasa enak. Ini juga baik untuk Anda. Inilah yang dapat dilakukan kehidupan seks yang sehat untuk Anda.

1. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
“Orang yang aktif secara seksual membutuhkan lebih sedikit hari sakit,” kata Yvonne K. Fulbright, PhD, pakar kesehatan seksual.

Orang yang melakukan hubungan seks memiliki tingkat yang lebih tinggi dari apa yang melindungi tubuh Anda terhadap kuman, virus, dan pengganggu lainnya. Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa mahasiswa yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang kurang sering berhubungan seks.

Anda harus tetap melakukan semua hal lain yang membuat sistem kekebalan Anda bahagia, seperti:
• Makan dengan benar.
• Tetap aktif.
• Tidur yang cukup.
• Ikuti terus vaksinasi Anda.
• Gunakan kondom jika Anda tidak tahu kedua status PMS Anda.

2. Meningkatkan Libido
Merindukan kehidupan seks yang lebih hidup? “Berhubungan seks akan membuat seks lebih baik dan akan meningkatkan libido Anda,” kata Lauren Streicher, MD. Dia adalah asisten profesor klinis kebidanan dan kandungan di Feinberg School of Medicine di Northwestern University di Chicago.

Bagi wanita, berhubungan seks meningkatkan pelumasan vagina, aliran darah, dan elastisitas, katanya, yang semuanya membuat seks terasa lebih baik dan membantu Anda lebih membutuhkannya.

3. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih Wanita
Dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia, sesuatu yang akan mempengaruhi sekitar 30% wanita di beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Seks yang baik seperti latihan untuk otot-otot dasar panggul Anda. Ketika Anda mengalami orgasme, itu menyebabkan kontraksi pada otot-otot itu, yang memperkuat mereka.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara seks dan tekanan darah rendah, kata Joseph J. Pinzone, MD. Dia adalah CEO dan direktur medis Amai Wellness.

“Sudah banyak penelitian,” katanya. “Satu studi penting menemukan bahwa hubungan seksual secara khusus (bukan masturbasi) menurunkan tekanan darah sistolik.” Itulah angka pertama dalam tes tekanan darah Anda.

5. Dihitung sebagai Latihan
“Seks adalah bentuk latihan yang sangat hebat,” kata Pinzone. Itu tidak akan menggantikan treadmill, tetapi itu berarti sesuatu.

Seks menggunakan sekitar lima kalori per menit, empat kalori lebih banyak daripada menonton TV. Ini memberi Anda pukulan satu-dua: Ini meningkatkan detak jantung Anda dan menggunakan berbagai otot.

Jadi, bersiaplah! Anda bahkan mungkin ingin menghapus jadwal Anda untuk menyediakan waktu secara teratur. “Seperti halnya dengan olahraga, konsistensi membantu memaksimalkan manfaat,” kata Pinzone.

6. Menurunkan Risiko Serangan Jantung
Kehidupan seks yang baik baik untuk jantung Anda. Selain menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda, seks membantu menjaga kadar estrogen dan testosteron Anda seimbang.

“Ketika salah satu dari mereka rendah, Anda mulai mendapatkan banyak masalah, seperti osteoporosis dan bahkan penyakit jantung,” kata Pinzone.

Berhubungan seks lebih sering dapat membantu. Selama satu penelitian, pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung setengah dari pria yang jarang berhubungan seks.

7. Mengurangi Nyeri
Sebelum Anda meraih aspirin, cobalah untuk orgasme. “Orgasme dapat menghalangi rasa sakit,” kata Barry R. Komisaruk, PhD, seorang profesor layanan terkemuka di Rutgers, Universitas Negeri New Jersey. Ini melepaskan hormon yang membantu meningkatkan ambang rasa sakit Anda.

Stimulasi tanpa orgasme juga bisa dilakukan. “Kami telah menemukan bahwa rangsangan vagina dapat memblokir nyeri punggung dan kaki kronis, dan banyak wanita mengatakan kepada kami bahwa stimulasi diri genital dapat mengurangi kram menstruasi, nyeri rematik, dan dalam beberapa kasus bahkan sakit kepala,” kata Komisaruk.

8. Dapat Membuat Kanker Prostat Kurang Kemungkinan
Pergi untuk semangat dapat membantu menangkal kanker prostat. Pria yang sering berejakulasi (setidaknya 21 kali sebulan) lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat selama satu studi, yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association.

Anda tidak perlu pasangan untuk menuai manfaat ini: hubungan seksual, emisi malam hari, dan masturbasi adalah bagian dari persamaan.

Tidak jelas bahwa seks adalah satu-satunya alasan yang penting dalam penelitian itu. Banyak faktor yang memengaruhi risiko kanker. Tetapi lebih banyak seks tidak akan sakit.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur
Anda mungkin tertidur lebih cepat setelah berhubungan seks, dan untuk alasan yang baik. “Setelah orgasme, hormon prolaktin dilepaskan, yang bertanggung jawab untuk perasaan santai dan mengantuk” setelah berhubungan seks, kata Sheenie Ambardar, MD. Dia adalah seorang psikiater di Hollywood Barat, California.

10. Meringankan Stres
Menjadi dekat dengan pasangan Anda dapat menenangkan stres dan kecemasan. Ambardar mengatakan sentuhan dan pelukan dapat melepaskan “hormon perasaan-baik” alami tubuh Anda. Gairah seksual melepaskan zat kimia otak yang meningkatkan sistem kesenangan dan penghargaan otak Anda.

Seks dan keintiman juga dapat meningkatkan harga diri dan kebahagiaan Anda, kata Ambardar. Ini bukan hanya resep untuk hidup sehat, tapi juga bahagia. (webmd)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.