Minggu, 25 Oktober 20

10.000 Kasus Virus Corona China Menyebar di Dunia, WHO Umumkan Darurat Global!!

10.000 Kasus Virus Corona China Menyebar di Dunia, WHO Umumkan Darurat Global!!
* Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Gawat…!! Ternyata, virus ‘mematikan’ corona yang berasal dari Wuhan/China telah menyebar ke hampir seluruh dunia dalam 10.000 kasusnya di mana-mana. Akibatnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan darurat global atas penyebaran virus corona China.

Pengumuman WHO ini beralasan karena hampir 10.000 kasus telah dilaporkan di seluruh dunia. WHO mengumumkan keadaan darurat kesehatan global pada hari Kamis (30/1/2020), ketika wabah koronavirus menyebar jauh di luar China, tempat wabah itu muncul bulan lalu.

Tercatat, ada ribuan kasus baru di China dan bukti yang jelas tentang penularan dari manusia ke manusia di beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat. “Semuanya menuntut peninjauan kembali oleh komite darurat WHO,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO.

WHO menyatakan wabah virus corona sebagai darurat kesehatan global, karena wabah terus menyebar ke sejumlah negara di luar China. “Alasan utama penyataan ini bukanlah apa yang terjadi di China, tetapi apa yang terjadi di negara lain,” kata Tedros.

WHO mengkhawatirkan wabah virus mematikan itu dapat menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah. Korban meninggal akibat terpapar virus corona saat ini telah mencapai 170 orang di China.

WHO mengatakan ada 98 kasus di 18 negara di luar negara itu, tetapi sejauh ini tidak ada kematian. Sebagian besar kasus muncul pada orang yang melakukan perjalanan dari kota Wuhan di Cina, wilayah yang diyakini sebagai pusat penyebaran virus mematikan tersebut.

Namun, ada delapan kasus infeksi antar manusia – di Jerman, Jepang, Vietnam, dan Amerika Serikat.

Tedros, dalam jumpa pers di Jenewa, menggambarkan virus sebagai “wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya” dan bersinggungan dengan “respons yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Dia memuji “tindakan luar biasa” yang telah diambil otoritas China untuk mencegah penyebarannya. “Biar saya perjelas, pernyataan ini bukanlah suara bahwa kami tidak percaya apa yang sudah dilakukan di China,” tambahnya.

Setelah deklarasi darudat kesehatan global oleh WHO, Departemen Luar Negeri pada Kamis malam memperingatkan para pelancong untuk menghindari Cina sama sekali. (New York Times/ BBC News)

 

Suster yang menangis akibat stres menangani ratusan pasien korban virus corona :

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.