Jumat, 26 April 24

Waskita Karya Targetkan Pembayaran Ruas Tol Nasional Selesai Akhir 2017

Waskita Karya Targetkan Pembayaran Ruas Tol Nasional Selesai Akhir 2017
* Jalan Tol Nasional.

Jakarta, Obsessionnews.com – Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) M Chaliq memastikan, pihaknya akan merampungkan proses pembiayaan proyek infrastruktur jalan tol nasional sampai akhir 2017. Perusahaan milik BUMN ini masih mempunyai persediaan dana sebesar Rp16 triliun.

“Sampai posisi hari ini kami punya cash Rp16 triliun. Sehingga harapan kami cukup mendanai sampai akhir tahun. Semua proyek tol nasional 2017 sudah close pendanaanya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (5/10/2017) malam.

Menurutnya, semua kontrak yang dikelola Waskita Karya dalam pertengahan tahun ini dengan dana Rp180 triliun sudah terselesaikan dengan baik. Sehingga, tidak ada kekhawatiran bahwa proyek jalan tol nasional baik di Jawa, Sumatera maupun di Kalimantan ada kendala pendanaan.

“Tapi kami tegaskan lagi, jangan ada asumsi Waskita napasnya sudah habis. Makanya, Alhamdulillah semua kontrak yang kami kelola sebesar Rp180 triliun bisa tepat waktu dan terselesaikan,” tuturnya.

Atas dasar itu, kondisi tahun depan dari sisi pendanaan tidak ada masalah. Hanya saja,  persoalannya akan muncul jika Waskita ingin mendapat proyek pembangunan tol baru. Makanya, mulai memikirkan swastanisasi lewat program divestasi yang sudah dirancang.

“Divestasi melalui berbagai tipe. Bisa langsung cucunya yang dijual putus kepada investor. Bisa beberapa seksi ruas tol dikumpulkan, misalnya Tans Jawa dijual kepada investor. Bisa juga melalui jalan terakhir yaitu tentu IPO (penawaran saham perdana, red),” bebernya.

Bahkan, lanjut Chaliq, IPO bisa melalui beberapa tipe. Bisa level Trans Jawa, bisa level Waskita Tol Road-nya. Karenanya program itu dia targetkan selambat-lambatnya semester I/2018 sudah final.

“Jadi bukan pertahap, tetapi lebih dulu mana yang bisa ditawarkan divestasi. Kalau itu terlaksana maka proyek jalan tol baru akan kita raih kembali,” jelas dia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.